Kumpulan Berbagai Variasi Jenis Burung Kacer Terbaik dan Terpopuler Saat Ini

Advertisement
Advertisement
Penghobi burung atau yang suka berternak, tentu sudah tidak asing dengan nama Kacer, jenis burung yang cukup liar, sedikit sulit dijinakkan namun memiliki prospek yang cukup cerah karena bisa diisi dengan berbagai jenis master.

Beberapa orang mengkategorikan burung ini berdasarkan asalnya, misalnya, Burung Kacer Jawa, Burung Kacer Sumatera, Burung Kacer Kalimantan, dan lain-lain. Dan sebagian juga ada yang mengkategorikannya berdasarkan ciri fisik, misalnya Burung Kacer Blorok, Burung Kacer Dada Hitam, Burung Kacer Madagaskar, dan lain-lain. Pemberian nama tersebut kemudian menjadi sangat rancu, terlebih jika ternyata Burung Kacer Jawa juga disebut sebagai Burung Kacer Dada Hitam yang tentunya tidak ada perbedaan.

jenis kacer

Karena penamaannya yang rancu dan sedikit membingungkan tersebut, penulis akan mencoba menggunakan spesies dari burung ini agar lebih muda dikelompokkan.

Bagi Anda yang pemula dan ingin mengetahui berbagai jenis dari Burung Kacer, berikut adalah beberapa gambaran yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai patokan jika ingin memelihara salah satu burung tersebut atau ingin menjadi breeder.

A. Copsychus Saularis Pluto
Jenis Burung Kacer Dada Hitam adalah bagian dari Copsychus Saularis Pluto. Burung ini menyebar di wilayah timur Kalimantan seperti di Pulau Maratua, Kalimantan Selatan dan juga Kalimantan Utara, termasuk di Malaysia.

B. Copsychus Saularis Amoenus
Burung ini juga dikenal di Indonesia dengan nama Burung Kacer Dada Hitam, namun tersebar di Pulau Bali dan Jawa.

C. Copsychus Saularis Adamsi
Burung Dada Hitam selanjutnya yang tersebar di wilayah Kalimantan Utara, Malaysia, Brunei dan beberapa ditemukan di Kalimantan Barat juga termasuk salah satu burung yang sering dilombakan.

D. Copsychus Saularis Musicus
Berbeda dengan 3 ras Burung sebelumnya, burung ini dikenal di Indonesia dengan nama Kacer Dada Putih atau Kacer Poci atau Kacer Sekoci. Penyebarannya berada di Jawa Barat, Sumatera Seperti Nias, Bangka dan Belitung kemudian di daerah Jawa, dan beberapa juga ditemukan di wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan.

Jenis Kacer Berdasarkan Ciri Fisik
Selain berdasarkan ras, di Indonesia jenis Burung Kacer juga dibedakan berdasarkan ciri fisik, dan umumnya lebih dikenal oleh para beredar maupun pecinta burung dibandingkan dengan berdasarkan ras.

1. Burung Kacer Dada Hitam
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Burung Kacer Dada Hitam tersebar di beberapa pulau seperti Pulau Kalimantan, Malaysia Timur, Pulau Jawa dan juga terdapat di Pulau Bali.
Ciri-ciri burung ini sangat mudah dikenali karena bulunya yang identik berwarna hitam. Terdapat guratan berwarna putih di bagian sayap serta di bagian ekor.

2. Burung Kacer Dada Putih
Jenis burung ini dikenal juga dengan sebutan Burung Kacer Poci atau Burung Kacer Sekoci. Soal asal dan penyebarannya, Anda bisa melihat pada poin sebelumnya yaitu pada ras Copsychus Saularis Musicus.

3. Burung Kacer Madagaskar
Burung Kacer Madagaskar memiliki ciri-ciri fisik yang sama dengan Kacer Dada Putih namun bedanya, burung ini memiliki warna kebiru-biruan pada bagian kepala dada dan punggung menggantikan warna hitam pekatnya.

4. Burung Kacer Blorok
Sedangkan untuk Burung Kacer Blorok, ciri-ciri fisiknya sedikit berbeda dengan Burung Kacer yang lain, baik dada putih maupun dada hitam. Terlihat lebih bervariasi dan dikenali dengan bulunya yang tampak belang di bagian leher, perut, sayap maupun punggungnya.

Pengkategorian Lainnya
Selain membedakan jenis Kacer berdasarkan ciri-ciri fisik dan ras, di Indonesia burung ini juga dibedakan berdasarkan asalnya.

Beberapa contohnya adalah, Burung Kacer Tasik yang berasal dari Jawa Barat. Ciri-ciri fisiknya hampir sama dengan Burung Kacer Blorok. Kemudian ada juga Burung Kacer Kalimantan, Burung Kacer Sumatera, ada juga Burung Kacer Jawa, dan Burung Kacer Madagaskar.

Namun jenis Burung Kacer berdasarkan asal atau daerah penyebarannya sangat sulit membedakannya karena Burung Kacer yang ada di Kalimantan serta di Jawa terkadang sama ciri-ciri fisiknya.

Baca juga tips tentang cara melatih mental kacer.