Cara Merawat Burung Pleci Harian Lengkap

Advertisement
Advertisement
Merawat Pleci tidak jauh berbeda dengan cara merawat burung lain, termasuk juga burung kicau seperti Lovebird, Murai Batu, Burung Kacer, dan lain-lain. Perawatannya sederhana, meliputi setting harian, mulai dari, memandikan memberikan ekstra food dan merawat sangkar.

Burung Pleci merupakan salah satu burung kicau yang harganya cukup mahal dan banyak digemari. Dan jika kebetulan anda sedang mencari cara tepat merawat Pleci, berikut adalah beberapa saran dan tips untuk anda.

pleci lomba

Cara Merawat Pleci

A. Sangkar
Saat merawat burung, kita harus memulai dari sangkar atau kandang burung itu sendiri. Sangkar harus bersih, memiliki sirkulasi yang baik serta ditempatkan di tempat yang aman dari gangguan pemangsa maupun dari suara-suara berisik lainnya termasuk televisi mesin pompa air atau terhindar dari orang-orang yang lalu lalang (baca: sangkar pleci).

Setiap hari kandang setidaknya harus dibersihkan agar berbagai bibit penyakit tidak mudah menular dan menyebabkan burung menjadi sakit.

Di dalam kandang setidaknya harus ada tempat air minum yang bisa diganti setiap hari atau dua hari sekali, kemudian, jangan lupa tempat makan dan tempat bertengger.

B. Perawatan Harian
Ini merupakan metode yang paling menentukan. Perawatan harian burung kicau tidak jauh berbeda antara satu dengan yang lainnya dan setiap orang memiliki metode nya masing-masing dalam memperlakukan burung, termasuk juga saat memberikan makanan ekstra.

Namun perawatan umum yang sering diberikan diantaranya adalah:
a. Pada pukul 7 mulailah menggantung burung atau mengangin-anginkannya kurang lebih 15 hingga 30 menit.
b. Setelah itu mandikan burung dengan metode keramba atau anda juga bisa memilih metode semprot jika anda merasa metode keramba tidak disukai oleh burung yang anda pelihara.
c. Setelah dimandikan, burung kembali digantung untuk dijemur. Ada bisa menempatkannya di atas tanah agar terbiasa dengan manusia. Lama penjemuran bisa tergantung dari kebiasaan dan waktu yang anda miliki. Bisa 1 hingga 2 jam.
d. Pada saat menjemur burung, anda bisa memberikan makanan extra berupa 2 ekor jangkrik kemudian tambahkan juga 2 ekor ulat hongkong atau anda juga bisa memberikan alternatif berupa kroto dan cacing.
e. Setelah itu, biarkan burung beristirahat dan kerodong sangkarnya. Anda bisa memberikan makanan ekstra di siang hari berupa kroto atau yang lainnya.
f. Pada saat mengkrodong burung, jangan lupa memperdengarkan suara master, atau jika burung sedang aktif sebaiknya suara master dimatikan.
g. Di sore hari mulai dari 16.00, anda bisa memandikan kembali burung tersebut. Namun, jangan lupa mengangin-anginkannya terlebih dahulu kemudian setelah dimandikan burung kembali dijemur angin-anginkan.
h. Berikan kembali makanan EF bisa berupa jangkrik, kroto atau pilihan yang lainnya.
i. Di malam hari mulai menjelang senja, krodong sangkar burung kemudian perdengarkan audio master hingga keesokan paginya.
j. Pastikan anda menempatkan burung di tempat yang aman dan bebas dari pemangsa.

C. Vitamin dan Mineral
Agar burung rajin berbunyi berikut adalah beberapa makanan extra yang bisa anda berikan:
Siapkan 1 bungkus biskuit roma kelapa, kemudian siapkan juga 1 bungkus susu bubuk dancow. Lalu, tambahkan 1 bungkus wedang jahe, 1 bungkus takari, 1 ons tepung bubuk jangkrik dan setengah ons bubuk fumayin.

Baurkan, atau campur semua bahan diatas untuk dijadikan sebagai pakan setiap hari setidaknya 1 sendok makan agar stamina dan kebutuhan vitamin serta mineral yang dibutuhkan burung dapat terpenuhi.

Alternatid lainnya yang lebih praktis yaitu dengan memberikan vitamin OrBird yang sudah diracik dari bahan-bahan herbal, seperti: madu, gula aren, rempah-rempah, dll.

Tips selanjutnya bisa anda baca seputar cara agar pleci gacor terus.