Cara Jitu Merawat Burung Kacer Harian

Advertisement
Advertisement
Burung Kacer terkenal sebagai salah satu burung unik yang memiliki kicauan khas serta bisa di-master. Burung ini memiliki gayanya sendiri saat berkicau mulai dari membuka sayap, menggoyangkan ekornya dan bergoyang-goyang ke kanan serta ke kiri. Tentu saja tingkah lakunya yang unik dan tidak biasa tersebut memancing banyak orang untuk bisa memilikinya.

Namun, untuk memiliki Burung Kacer tidaklah mudah. Dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam merawatnya karena burung ini terkenal sangat agresif. Burung Kacer memiliki sifat fighter yang sudah terkenal dan bahkan proses penjinakannya pun akan memakan waktu yang tidak sedikit.

burung kacer

Cara Merawat Kacer
Proses perawatan kacer harus benar-benar diperhatikan. Baik itu perawatan secara rutin maupun perlakuannya agar ia tidak stres dan mbagong.

A. Sangkar
Sangkar harus dibersihkan setiap hari agar burung tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Pemberian makan serta extra food sebaiknya dilakukan secara rutin. Air bisa diganti apabila sudah kotor atau berkurang.

B. Setting Harian
  1. Perawatan harian burung ini dimulai dari pagi hari antara pukul 06.30 atau 07.00 dengan mengangin-anginkannya terlebih dahulu selama kurang lebih 15 hingga 30 menit.
  2. Setelah itu burung kemudian dibandingkan dengan disemprot hingga basah kuyup atau dengan menggunakan kerambah.
  3. Sambil burung dimandikan, anda bisa juga membersihkan atau memberikan perawatan untuk sangkar dan mengganti makanan serta minuman.
  4. Setelah dimandikan, burung kemudian dijemur selama kurang lebih 1 hingga 2 jam dan diberi extra food berupa jangkrik, bisa 3 hingga 5 ekor. Pemberian makanan ekstra menggunakan bantuan lidi maupun menggunakan tangan apabila sudah jinak.
  5. Saat menjemur burung, anda bisa menempatkannya di tempat yang ramai atau banyak dilalui orang agar burung terbiasa dengan manusia dan lebih mudah menjadi jinak.
  6. Setelah di jemur, burung kembali diangin-anginkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit.
  7. Setelah itu, burung bisa diistirahatkan atau diperdengarkan master untuk melatih suaranya. Saat istirahatkan, burung sebaiknya tidak dikerodong.
  8. Pada sore hari, dimulai dari pukul 15.30 atau pukul 16.00 anda bisa mengangin-anginkannya kembali sebelum dimandikan.
  9. Setelah memandikan burung, anda bisa memberikannya extra food berupa 3 hingga 5 ekor jangkrik, kroto atau yang lainnya. Kemudian dijemur dan diangin-anginkan kembali sebelum di istirahatkan pada malam hari.
  10. Pada malam hari misalnya menjelang magrib, anda bisa mengkrodong burung ini dan memperdengarkan master.
C. Pakan
Pemberian pakan utama bisa berupa voer. Sedangkan untuk extra food, sebaiknya anda tidak memberikan terlalu banyak agar birahinya tidak cepat naik. Selain menggunakan jangkrik, burung ini juga bisa diberi extra food berupa orong-orong, binatang binatang kecil seperti ulat hongkong, belalang, dll.

D. Menghindari Burung Kacer Mbagong
Untuk menghindari agar burung tidak bermasalah atau mbagong, sebaiknya secara rutin burung dimandikan dan diberikan extra food yang tidak berlebihan. Jangan ganti setting hariannya agar tidak stress.

E. Mastering
Proses mastering burung ini agar bisa gacor bisa dilakukan dengan menggunakan burung master yang dilakukan pada siang hari hingga menjelang sore dan malam hari. Selain itu, anda juga bisa menggunakan audio terutama di malam hari untuk meningkatkan kualitas suara dan isian.

Selain bisa diperdengarkan master setiap hari, proses mastering juga sangat baik apabila dilakukan pada saat burung mabung, dimana saat itu burung beristirahat secara total. Pada saat itu, burung biasanya akan lebih mudah menyerap suara-suara yang ada disekitarnya dan menyimpannya dalam memori otaknya

Baca juga artikel sebelumnya: cara menjinakkan ciblek.