Cara Termudah Menjinakkan Burung Ciblek

Advertisement
Advertisement
Ketika seorang perternak ingin mengembangbiakan burung kicau, mereka harus menjinakkan burung tersebut terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan agar burung tidak menjadi stres, baik saat diberi makan, saat dimandikan maupun saat dibersihkan kandangnya.

Semua burung, baik yang ditangkap di alam liar maupun yang dibeli dari penjual burung, biasanya apabila dipelihara di dalam sangkar dan sering bertemu dengan anda sebagai pemiliknya akan lebih mudah jinak. Walau demikian, semua burung memang berbeda beda. Sehingga membutuhkan waktu yang juga berbeda-beda dalam menjinakkannya.

ciblek jinak

Proses penjinakan burung, terutama Burung Ciblek sangat bergantung pada beberapa hal berikut ini, diantaranya adalah.
  • Apakah burung di tangkap di alam liar atau dibeli di tempat penangkaran.
  • Usia burung, apabila lebih mudah biasanya kemungkinan untuk bisa menjadi jinak secara total akan lebih besar dibandingkan dengan burung yang lebih tua.
  • Perawatan sehari hari mulai dari memandikan dipagi hari hingga malam hari sangat menentukan.
Cara Menjinakan Ciblek
Seperti yang telah diutarakan sebelumnya, bahwa penjinakan Burung Ciblek dimaksudkan untuk memudahkan peternak dalam melatih serta mengembangbiakannya agar tidak stres.

Dan berikut adalah beberapa tips yang bisa anda ikuti jika tertarik untuk menjinakkan Burung Ciblek.

A. Memandikan Burung
Cara pertama untuk berkenalan agar burung bisa lebih jinak adalah dengan memandikannya secara rutin hingga basah kuyup. Salah satu alat yang bisa anda manfaatkan adalah semprotan atau sprayer yang cukup mudah digunakan.

Setelah burung basah kuyup, biasanya mereka tidak akan mampu untuk terbang atau bergerak secara bebas dan menjadi jinak-jinak lalat. Saat itulah kita bisa mendekati burung ini baik untuk memegangnya, memberikannya elusan lembut dan juga berkenalan agar burung menjadi lebih bersahabat.

Saat itu, anda juga bisa merayunya dengan memberikan makanan berupa ulat hongkong atau jangkrik dari tangan anda sendiri.

B. Menempatkannya di Tempat Ramai
Agar burung tidak takut terhadap orang, anda bisa melatihnya dengan menjemurnya di tempat yang ramai atau di tempat orang lalu lalang. anda bisa meletakkannya begitu saja di halaman atau di pinggir jalan (jangan lupa diawasi yaa.. Biar gag hilang hehehe)

Baca juga tips untuk ciblek yang lainnya, yaitu perawatan ciblek mabung.