Cara Ternak / Penangkaran Burung Anis Merah Sukses dengan Mudah

Advertisement
Advertisement
Ternak anis merah dianggap cukup menyenangkan, terutama karena benar-benar hobi memelihara burung ini. Cara ternak burung Anis Merah tidak jauh berbeda dengan cara berternak burung-burung berkicau lainnya seperti Lovebird, Murai Batu, dan lain-lain. Semua membutuhkan keuletan, pengetahuan seputar burung yang akan dipelihara, dan tentunya memiliki kemauan yang kuat.

ternak anis merah

Ternak Anis Merah
Ada beberapa langkah umum yang harus anda persiapkan terlebih dahulu seperti, pembibitan dan juga kandang untuk beternak burung.

1. Menyediakan Sangkar atau Kandang
Sebelum anda membeli burung, terlebih dahulu anda harus menyiapkan 2 buah sangkar/kandang. Karena apabila anda melakukan hal sebaliknya, yaitu membeli burung terlebih dahulu baru kemudian menyiapkan kandang, kemungkinan besar anda akan menemui masalah.
Kandang burung jenis ini bisa bermacam-macam mulai dari kandang buatan sendiri atau kandang yang sudah jadi dan bisa dibeli di toko burung.

Kandang yang terbuat dari bambu atau kayu merupakan kandang yang dianjurkan.
Soal ukuran kandang, anda bisa menyesuaikannya dengan budget, namun perlu diperhatikan bahwa tentunya kandang atau sangkar yang besar akan membuat burung lebih bebas dalam berekspresi dan yang pasti lebih nyaman.

Pastikan anda membeli sangkar yang mudah dibersihkan serta tidak berbahaya dan tidak dapat melukai burung tersebut.

2. Membeli Bibit Burung
Membeli bibit burung tidak boleh sembarangan. Anda bisa memilih burung Anis Merah jantan dan betina yang sebaiknya sudah siap untuk dikawinkan alias sudah berusia diatas 8 bulan atau diatas 1 tahun.

Dalam pemilihan bibit, anda juga perlu memperhatikan suara yang dikeluarkan oleh pejantan maupun yang betina (simak: suara anis merah jantan).

Burung harus bebas dari cacat dalam bentuk apapun.
  • Proses Penjodohan
  • Tempatkan burung di masing-masing sangkar yang telah anda siapkan. Kemudian, dekatkan kedua sangkar tersebut agar burung bisa saling mengenal lebih dekat.
  • Jika burung terlihat tidak berjodoh atau tidak akrab, atau jika anda mencoba menyatukannya dan kedua burung bertengkar, sebaiknya anda mengganti salah satu burung tersebut.
  • Setelah burung tampak akrab dan bisa disatukan, selanjutnya anda bisa menyediakan sebuah kandang khusus untuk berternak yang lebih besar dan cocok untuk 2 burung.
  • Didalam sangkar burung, jangan lupa menyediakan wadah air yang bisa digunakan oleh burung untuk mandi.
  • Sebaiknya kandang dibuat diatas hamparan tanah yang subur. Apabila tanah tidak subur, anda bisa mencampurkan tanahnya dengan tahi ayam atau tahi sapi dan serbuk gergaji, kemudian gemburkan tanah tersebut hingga cacing tanah bisa hidup.

3. Pakan Burung Anis Merah
Makanan utama burung ini bisa berupa Voer. Selain itu, untuk meningkatkan stamina dan birahi burung anda harus menambahkan beberapa makanan ekstra seperti jangkrik, cacing, kroto, dan juga beberapa buah-buahan seperti buah apel, dan buah pepaya. Selain itu pisang juga bisa diberikan untuk jenis burung ini.

Untuk meningkatkan birahi agar burung mau kawin, sebaiknya anda memperbanyak jumlah pemberian makan dari jangkrik.

Jangan lupa juga menambahkan suplemen dan multivitamin agar kebutuhan nutrisi burung bisa terpenuhi, sehingga burung tetap fit dan tampil prima. OrBird sangat bagus dijadikan sebagai vitamin pilihan untuk burung kicau kesayangan anda.

4. Perawatan
Burung ini menyukai suasana yang dingin dan tidak menyukai sinar matahari yang terik. Oleh sebab itu, burung harus dimandikan setidaknya 2 kali dalam sehari. Misalnya, pagi dan sore hari atau pagi dan malam hari.

Proses memandikan burung bisa dengan cara menyiramnya atau dengan menyediakan kolam yang bisa digunakan untuk mandi.

Sebelum mandi, anda bisa mengangin-anginkan burung selama kurang lebih 30 hingga 1 jam.
Setelah itu, jemur selama 1 atau 2 jam antara pukul 08.00 hingga 11.00.
Setelah proses penjemuran, kembali angin-anginkan burung tersebut selama 10 atau 15 menit.
Pada sore hari anda bisa kembali mengangin-anginkannya. Kemudian, dilanjutkan dengan memandikan burung dan pemberian makanan ekstra seperti jangkrik atau yang lainnya.

Semua penggemar anis merah pasti juga tidak hanya menginginkan anis peliharaannya itu berhasil berkembang bika, tetapi juga hasilnya bisa pandai dalam berkicau dan gacor tentunya (baca juga: agar anis merah gacor).