Tips Sangkar Burung Ciblek yang Baik, Serta Minimalis

Advertisement
Advertisement
Perawatan burung ini cenderung lebih mudah dibandingkan dengan burung kicau lainnya karena ukuran tubuhnya yang kecil sehingga tidak membutuhkan sangkar dalam ukuran besar. Waktu demikian, jika anda ingin memiliki burung dengan kualitas yang baik, terutama dalam stamina dan kemampuan fisik, Anda bisa membuatkan sangkar yang lebih besar untuknya.

Namun bagi Anda yang cenderung menggunakan sangkar harian, sebenarnya ukuran untuk sangkar Ciblek yang ideal atau minimal adalah 20 x 25 x 60 Cm. Ukuran tersebut memang tergolong kecil karena burung ini juga berukuran tidak terlalu besar.

sangkar ciblek

Beberapa perlengkapan di sangkar yang sebaiknya Anda sediakan diantaranya adalah, tempat makan dan minum, kemudian jangan lupa untuk menempatkan tenggeran.

Tidak ada kebutuhan khusus untuk sangkar burung jenis ini, baik itu pengkrodongan maupun yang lainnya. Kerodongan biasanya hanya diberikan pada waktu petang atau pada waktu malam untuk melindungi burung dari hawa dingin, dari pemangsa, atau dari nyamuk. Sedangkan pada siang hari, atau setelah burung dimandikan dan diberi makan biasanya dibiarkan begitu saja tanpa dikerodong.
Ada bermacam-macam sangkar untuk jenis burung ini yang bisa kita temukan dengan mudah di toko burung maupun di spesialis pembuat sangkar.

Sangkar yang terbuat dari kayu jati misalnya dengan beberapa ukiran harganya berada pada kisaran Rp. 400 ribuan. Di beberapa tempat misalnya di Yogjakarta, spesialis pembuat sangkar ada yang membuat sangkar sangat unik dan bagus dihargai sekitar 2 juta hingga 3 juta rupiah. Walau demikian, semua kembali kepada anda sebagai pemiliknya. Sangkar sederhana atau sangkar yang bagus tergantung dari hobi, budget dan kebutuhan.

Namun bagi Anda yang ingin berternak, sebaiknya menyediakan sangkar dalam ukuran yang lebih besar karena akan ditempati oleh 2 ekor burung.

Ukuran ideal untuk sangkar berternak tentunya lebih besar berkisar antara 35 X 35 x 60 Cm. Di dalam sangkar sebaiknya disediakan juga sarang untuk tempat bertelur.

Perawatan Sangkar
Dalam merawat sangkar, caranya hampir sama dengan cara merawat sangkar burung yang lain, mulai dari, rutin membersihkan alasnya, kemudian rutin mengganti air dan makanan.
Selebihnya sangkar bisa digantungkan di tempat yang tidak terlalu terang dan dimasukkan atau dikerodong pada malam hari.

Sekian kami akhiri artikel kali ini mengenai sangkar ciblek, semoga informasi ini dapat berguna buat sobat ciblek mania. Buat sobat yang ingin tahu lebih banyak varian burung ciblek, maka baca salah satu artikel sebelumnya mengenai ciblek putih.