Salah Memegang Burung Kenari Bisa Menyebabkannya Mati Mendadak

Advertisement
Advertisement
Jika sebelumnya sudah kami bahas tentang gejala penyakit gondok pada burung kenari, tetapi kali ini yang kami bahas bukanlah masalah penyakit yang dapat membahayakan kenari, melainkan cara memegang yang salah juga dapat berakibat fatal dan bisa menyebabkan kenari itu mengalami kematian.

Memang tidak umum bila ada penghobi burung kenari yang salah memegang burung kenarinya, tetapi ada juga yang ternyata sampai bisa menyebabkan kematian pada kenarinya. Biasanya kesalahan ini dilakukan oleh penghobi pengari pemula, karena belum paham betul mengenai bagian tubuh kenari yang rawan bila ditekan dengan keras.

memegang kenari

Apabila burung kenari dalam kondisi sakit ataupun stres, maka sang pemilik akan berusaha memperlakukkannya dengan baik, salah satu caranya dengan memberinya obat dan memegangnya tubuhnya secara langsung. Niatnya memang memberi obat dengan tangannya agar bisa ditelan langsung, tetapi obat yang diberikan macet di saluran tenggorokan dan tidak sampai di tembolok. Sehingga sang pemilik pun bingung, memberinya air agar obat bisa masuk ke tembolok.

Bukan hal tersebut ternyata yang bisa membuat burung kenari yang ukuran tubuhnya mungil itu bisa mati mendadak, ternyata kesalahan saat memegang tubuh kenari juga bisa menjadikannya mati. Karena dalam memegang burung kecil itu ada teknik tertentu, dan yang menyebabkannya mati adalah memegang bagian dadanya dengan menekan terlalu keras, karena burung tidak memiliki diafragma di bagian dadanya, sehingga bila ditekan maka akan sulit bernafas, sehingga membuatnya meronta-ronta, namun sangat fatal bila burung kenari itu kondisinya sudah sakit, kemudian dipengang dengan keras bagian dadanya.

Perlu anda ketahui bahwa burung kenari maupun burung lainnya, memiliki bagian tubuh yang kuat dan kokoh untuk dipegang, diantaranya adalah bagian kepala, kaki, dan sayap. Jadi, memang disarankan untuk memegang bagian yang kuat tersebut pada burung kecil seperti kenari (simak: suara kenari).

Sekian dulu sedikit tips memegang burung kenari agar tidak sampai mati, semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat bagi sobat kenari mania.