Perawatan Burung Anis Kembang Anakan, Remaja, dan Dewasa

Advertisement
Advertisement
Perawatan Anis Kembang, tidak bisa dipungkiri merupakan bagian penting dari proses breeding atau pengembangbiakan burung tersebut. Burung ini dikenal sebagai salah satu burung yang manja dan mudah down sehingga membutuhkan perhatian khusus mulai dari, perlakuan sehari-hari, extra food yang diberikan, hingga proses mandi yang tidak boleh dilupakan.

perawatan anis kembang

Merawat Anis Kembang
Agar burung ini bisa tetap sehat dan rajin berkicau atau gacor, dibutuhkan beberapa perawatan khusus diantaranya adalah,

Anak Burung
  • Pisahkan anak burung dari induknya dan gunakan sarang atau tempat khusus yang dilapisi dengan bahan-bahan seperti tisu atau rumput kering yang bisa menyerap kelembaban agar anak burung tetap hangat.
  • Untuk memberikan makan, anda bisa memberikan anak burung voer yang dicampurkan dengan air agar tidak terlalu kental dan mudah diloloh.
  • Bentuk pemberian makanan ekstra seperti cacing atau jangkrik sebaiknya dipotong atau dicacah agar lebih mudah ditelan oleh anak burung.
  • Gunakan lampu penghangat pada malam hari atau pada saat cuaca dingin.
  • Jika sudah mencapai usia 2 bulan, anak burung sudah boleh dilatih untuk bersuara atau berkicau dengan memperdengarkan suara burung asli atau audio (simak: suara anis kembang).

Burung Remaja
Burung remaja yang dimaksud adalah burung berusia 4 hingga 6 bulan. Cara merawat burung remaja adalah dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.
  • Pada pagi hari, mulailah dengan mengangin-anginkan burung kemudian mandikan di dalam bak kecil atau anda bisa menyediakan tempat mandi khusus untuk burung dengan pancuran atau anda juga bisa menggunakan semprotan.
  • Setelah dimandikan selama 30 menit, kembali angin-anginkan burung tersebut dan jemur ditempat yang tidak terlalu panas. Proses penjemuran burung sebaiknya tidak terlalu lama karena burung ini adalah penyuka tempat tempat teduh.
  • Burung dengan usia 3 hingga 4 bulan biasanya sudah mulai bisa mengkonsumsi makanan yang lebih keras seperti jangkrik, cacing tanah, atau kroto. Makanan tersebut merupakan makanan ekstra yang sebaiknya tidak diberikan terlalu banyak.
  • Diusia ini anda juga harus tetap memperdengarkan suara burung (master) yang gacor, baik itu dari burung asli maupun dari audio (Mp3).
  • Pada usia 5 atau 6 bulan burung, Anis Kembang akan mabung atau mengalami pergantian bulu yang ditandai dengan rontoknya bulu-bulu dalam jumlah yang sangat banyak. Pada saat mabung tersebut, anda harus memberikan perhatian khusus mulai dari:
  1. Menambahkan jumlah makanan dan air
  2. berhenti memandikan burung dan biarkan ia memilih apakah akan atau tidak dengan menempatkannya di bak mandi
  3. Mengurangi pemberian kroto, dan
  4. Pemberian pakan ekstra berupa jangkrik sebaiknya di stop untuk sementara.

Burung Dewasa
Burung yang berusia 7 atau 8 bulan ke atas dianggap sebagai burung dewasa yang sudah mulai memiliki birahi atau keinginan untuk kawin. Pada usia tersebut, anda bisa memperlakukan burung tersebut sama seperti saat ia berusia remaja, namun dengan beberapa tambahan berikut ini.
  • Makanan ekstra seperti jangkrik, cacing maupun kroto harus ditambah dan diberikan variasi dengan buah-buahan seperti, buah pepaya, buat pisang atau buah apel.
  • Setiap pagi anda harus mengembunkan burung tersebut agar suaranya bisa terdengar lebih kencang atau plong. Saat anda mengembunkan burung ini sebaiknya diberikan kroto sebanyak 1 sdt (sendok teh) sebagai penyemangat.
  • Anda bisa membuatkan kolam khusus yang dilengkapi dengan pancuran, dan biarkan burung mandi sepuasnya setidaknya selama 1 jam.
  • Setelah mandi, burung dijemur atau diangin-anginkan selama 1 hingga 2 jam.
  • Proses mastering atau memperdengarkan suara-suara dari audio maupun dari burung asli harus tetap dilakukan agar burung semakin jago dan bisa gacor dengan isian yang bervarisi.

Berikan OrBird sebagai suplay vitamin untuk burung anakan, remaja, maupun dewasa. Karena sangat efektif dalam membantu meningkatkan imunitas tubuh burung tersebut, sehingga burung bisa hidup dengan sehat.

Anda juga harus tahu dan bisa membedakan kelamin anis kembang yang jantan dan betina, bila belum tahu bisa anda baca artikel sebelumnya yang berjudul ciri-ciri anis kembang jantan dan betina.