Pencegahan dan Pengobatan Guratan Merah Pada Kaki Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Sebagai peternak kenari tentu tidak terlepas dari persoalan yang mengganggu burung kenari, dan itu sudah menjadi hal yang biasa dan dengan bekal pengalaman, maka bisa dengan mudah untuk mencegah dan mengatasinya. Salah satu persoalan yang ditanyakan oleh kenari mania adalah ketika kenari kesayangannya itu mengalami masalah pada kakinya, yaitu ada guratan merah pada kakinya.

Biasanya guratan merah itu terdapat pada bagian kaki yakni sekitar betis dan buku-buku jari kaki kenari. Jika anda menemui hal semacam ini, maka lakukan penanganan sesegera mungkin, karena ini merupakan infeksi yang jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama bisa berdampak buruk pada kenari tersebut, khususnya yaitu guratan merah itu bisa menjalar ke paha dan seluruh tubuh, bahkan bisa sampai kenari itu mengalami kematian.

guratan merah pada kaki kenari

Adapun infeksi seperti itu ada banyak penyebabnya, diantaranya adalah terluka karena tergores jeruji sangkar, akibat dari serangan jamur, terkena gigitan nyamuk, terkena aksesori yang tajam pada kenari itu sendiri, dan lain sebagainya. Apabila anda baru menemui hanya terlihat kecil saja dibagian kakinya, maka jangan dianggap enteng, dan segera lakukan penanganan, karena bila infeksi sudah menjalar lebih luas maka pengobatannya pun tentu lebih sulit.

Agar kenari kesayangan anda tidak sampai mengalami hal yang demikian itu, maka anda harus dengan sebaik mungkin melakukan pencegahan, dan bila sudah terlanjur terjadi pada kenari, maka segera lakukan pengobatan.

Berikut pencegahan dan pengobatan guratan merah pada kaki kenari:
  • Setiap malam, kenari harus ditaruh di lokasi yang kondisinya gelap, dan juga sangkar harus dalam kondisi dikerondong.
  • Periksa dan pastikan, jangan sampai disekitar burung kenari ada benda tajam, semisal: jeruji sangkar yang tajam, tangkringan yang terdapat tonjolan tajam, wadah pakan dan minum yang ada bagian tajamnya, atau mungkin pakan yang batangnya turut tersangkut dalam sangkar, dan lain sebagainya. Hal ini memang harus diperhatikan agar kenari kesayangan anda terhindar dari goresan benda tajam disekitarnya yang bisa membuat kaki atau bagian tubuh lainnya menjadi luka dan infeksi.
  • Lakukan pengontrolan setiap hari pada kenari, dan ini dilakukan dengan maksud agar anda selalu tahu kondisi kesehatan kenari, dan bila kenari mengalami masalah sekecil apapun bisa dengan cepat untuk diatasi.
  • Apabila kenari terlihat aneh semisal sering mematuk kakinya sendiri, ini bisa jadi karena kaki kenari itu terkena gigitan nyamuk, sehingga harus segera dilakukan penanganan dengan mengoleskan salep dan obat-obatan terbaik lainnya, contoh obatnya: OrBird.
Mungkin cukup sekian beberapa tips pencegahan dan penanganan pada kenari agar tidak terjadi masalah khususnya guratan merah pada kakinya, semoga apa yang kami sajikan kepada anda kali ini bisa berguna. Informasi tambahan dari kami yang telah kami update sebelumnya yakni mengenai suara kenari.