Mengenal Burung Murai Batu Nias

Advertisement
Advertisement
Murai Batu Nias yang dikelompokkan ke dalam spesies copsychus malabaricus melanurus merupakan burung ekor panjang berwarna hitam dan biasanya berjumlah 6 pasang. Belakangan, Murai Batu Nias juga dikenal dengan nama Black Tailed Shama atau nama ilmiahnya adalah Copsychus Malabaricus Tricolor.

gambar murai batu nias

Asal Murai Batu Nias
Sesuai dengan namanya, Murai Batu ini berasal dari kepulauan di Sumatera Utara yaitu Kepulauan Nias. Murai Batu Nias memiliki ciri-ciri ekornya yang sangat panjang mencapai 20 hingga 25 cm dan berwarna hitam.

Di Kepulauan Nias, burung ini disebut Tatohua. Diantara beberapa kelebihan yang dimiliki oleh murai batu antara lain, suaranya melengking dan nyaring serta mengkristal (sangat jernih). Suara burung ini terkadang terdengar unik, yang sebenarnya didapat dari menirukan suara burung lain yang berada disekitarnya.

Daya Tarik Murai Batu Nias
Berapa daya tarik dan kelebihan yang dimiliki oleh Murai Batu Nias diantaranya adalah, suaranya yang bening dan melengking. Selain itu, burung ini juga dikenal sebagai burung yang cerdas sehingga pandai menirukan suara-suara burung lain. Kemudian, kelebihan lain yang dimiliki oleh burung Murai Batu yang berasal dari kepulauan Sumatera ini adalah mentalnya yang sangat kuat sehingga cocok apabila digunakan untuk diikutkan dalam perlombaan perlombaan. Dan kelebihannya yang terakhir, tentu saja terletak pada bulu serta ekornya yang panjang. Bulu ekornya bisa mencapai 20 hingga 25 cm, berwarna hitam dan biasanya berjumlah 6 pasang.

Budidaya Murai Batu Nias
Diantara beberapa jenis Murai Batu Nias, Murai Batu Nias Raja merupakan yang paling di gemari dan sering dimanfaatkan untuk mengikuti lomba-lomba. Murai Batu Nias terkenal pintar dan memiliki mental yang cukup kuat sehingga bansyak diminati oleh para penggila burung, khususnya Murai Batu.

Dalam pengembangbiakan Murai Batu Nias, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain,
  1. Kandang harus dibersihkan secara teratur setiap hari, begitu juga dengan makanan serta minumannya harus diperhatikan apabila sudah waktunya diganti, anda harus segera menggantinya.
  2. Setiap pagi, antara pukul 07.00 hingga pukul 08.00, burung harus dimandikan.
  3. Sebelum dan setelah dimandikan, burung harus diangin-anginkan kemudian dijemur setidaknya selama 1 hingga 2 jam.
  4. Makanan untuk jenis Murai Batu Nias adalah jangkrik. Selain itu, anda juga bisa memberikannya kroto seminggu dua kali, serta multivitamin seminggu sekali.
Demikian sedikit sharing kali ini mengenai murai batu nias, kami sarankan juga sobat untuk membaca artikel terkait tentang cara menjodohkan murai batu.