Jenis Makanan Terbaik untuk Burung Lovebird Anakan (Piyek) Hingga Dewasa

Advertisement
Advertisement
Saat kita memelihara seekor atau beberapa burung, tentu kita juga wajib mengetahui makanan apa yang dibutuhkannya dan disukai oleh burung tersebut serta makanan jenis apa yang tidak boleh diberikan.

Namun, bagi anda para breeder atau bagi anda yang ingin mengembangbiakan burung, misalnya, Lovebird harus mengetahui secara detail mengenai makanan apa saja yang bagus untuk burung tersebut agar bulunya tetap rapi, berkilau, dan bersih, serta suaranya atau kekeknya bisa terdengar lebih panjang.

makanan lovebird

Pakan Lovebird
a. Lovebird Dewasa
Pemberian makan pada burung jenis Lovebird perbedaan antara yang masih kecil atau yang baru menetas dengan yang sudah dewasa. Untuk yang dewasa, anda bisa menyediakan biji-bijian seperti,
Biji-bijian
  • Milet putih atau merah
  • Ketan hitam
  • Biji kenari
  • Biji sawi
  • Jagung muda
  • Atau anda juga bisa mencampurkan antara milet putih dan merah, kemudian menambahkan sedikit ketan atau padi.
Sayur-sayuran
Selain biji-bijian, sebenarnya burung jenis ini juga menyukai makanan yang terdiri atas sayuran seperti
  • Sawi 
  • Kangkung
  • Toge / touge / kecambah dan 
  • Beberapa breeder juga terkadang memberikan voer yang dicampurkan dengan biji-bijian.
b. Makanan Anak (piyek) Lovebird
Untuk anak burung Lovebird, sangat dianjurkan kepada peternak agar membiarkan induknya sendiri yang meloloh dan memilih mana anak yang sehat dan akan tumbuh menjadi dewasa, dan mana anak yang tidak sehat dan akan dibiarkan mati. Biasanya secara naluri induk burung akan mengetahuinya.
Sedangkan bagi anda yang ingin memelihara dan meloloh sendiri anak burung, ada baiknya anda mengambil burung tersebut setelah 14 hari atau setelah bulu bulu halusnya keluar. Atau jika sangat terpaksa, anda bisa mengambilnya setelah 3 atau 5 hari.
Untuk makanan anak burung, harus diperhatikan kebersihan, alat untuk meloloh, komposisi gizi, dan kandungan vitamin maupun mineralnya. Beberapa makanan untuk anak burung bahkan harus diperhatikan keencerannya dan alat-alat yang digunakan untuk meloloh juga tidak sembarang.

Membuat pakan untuk anak burung Lovebird
1. Pertama siapkan terlebih dahulu blender, sendok dan juga timbangan.
2. Siapkan pelet atau voor fancy: 450 gram
3. Bubur SUN
4. Tepung jagung atau tepung maizena: 360 gram
5. Rumput laut: 150 gram
6. Vitachick produk medion: 15 gram
7. Neobro produk medion: 15 gram
8. Canary post produk Eka Farma: 15 Gram

Proses buatan
1. Pertama, campuran terlebih dahulu voor fancy dan maizena hingga rata.
2. Kedua, campuran bubur SUN, vitachick, neobro dan canary post.
3. Setelah itu, anda bisa mencampurkan bahan pertama dan bahan kedua hingga benar benar tercampur secara merata.

Pemberian Makan pada Anak Burung
Setelah makanan jadi dan siap, anda bisa menyimpan sisanya untuk kebutuhan dikemudian hari. Namun, perlu diingat, dalam menyimpan makanan burung yang telah anda buat tersebut harus di tempat yang kering dan hindarilah tempat-tempat yang lembab atau basah. Gunakan kemasan plastik yang bisa dibuka maupun ditutup agar lebih aman dan kedap udara dan mudah diambil.

Sediakan makanan yang telah anda buat secukupnya. Kemudian, encerkan dengan air hangat kira-kira suam-suam kuku. Buatlah makanan tersebut menjadi sedikit lebih encer apabila anak burung masih kecil. Seiring dengan perkembangan burung yang semakin besar dan semakin kuat, anda bisa mengurangi keenceran makanan yang anda berikan.

Demikianlah pembahasan mengenai makanan lovebird yang bagus dan paling favorit, semoga informasi kali ini menjadi tambahan ilmu buat sobat penghobi burung lovebird. Adapun artikel lain yng berkaitan yang telah kami buat sebelum ini adalah seputar cara merawat lovebird.