Waspadai Burung Kenari Yang Lemas dan Sering Memekarkan Ekornya

Advertisement
Advertisement
Umumnya, memang burung kicau yang memekarkan ekornya ketika bernyanyi merupakan ciri khas dan ekspresi dalam penampilannya. Sebagian besar juga hal tersebut merupakan bentuk atau penanda kekuasan wilayah yang diperihatkan kepada sang betina ataupun yang dianggap lawannya. Tetapi tak sedikit pula yang ternyata memekarkan ekornya itu pertanda bahwa burung tersebut sedang dalam kondisi sakit.

Salah satu burung kicau yang ketika kesehatannya menurun yang melakukan hal demikian adalah burung kenari. Burung kenari yang selalu memekarkan ekornya dan diringin dengan sifatnya yang malas yang tidak seperti biasanya, maka ini perlu anda waspadai, bisa jadi kenari tersebut sedang menderita suatu penyakit (baca juga: suara kenari).

kenari lemas

Biasanya burung kenari yang sehat selau merapatkan bulu-bulu ekornya, baik pada saat bertengger, lompat-lompat, maupun saat berkicau. Jika anda menemui kenari yang keseringan mengembangkan ekornya, maka segera cari tahu kondisinya, jangan sampai meremehkan tingkah laku aneh diluar kebiasaannya.

Jika anda menemui gejala yang semikian, maka pertama-tama bisa anda tangkap kenari itu secara perlahan dan dengan genggaman yang tepat (baca: salah menggenggam kenari bisa menyebabkannya mati). Setelah anda tangkap, kemudian dekatkan ditelinga anda dan dengarkan nafasnya. Apakah nafasnya berat? jika iya berarti kenari tersebut sedang mengalami gangguan pernafasan yang bisa jadi disebabkan oleh parasit yang menyerang bagian tenggorokannya.

Umumnya, burung kenari yang terkena serangan parasit tungau kantung udara akan merasa stres, terlihat lemas, dan sering kali mengembangkan ekornya. Adapun penanganan yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Beri roti 1/4 roti putih sebagai pakan tambahan, yang bisa anda taruh di dinding sangkarnya.
  • Berikan juga biji kuaci yang sudah dikupas kulitnya.
  • Berikan obat khusus untuk tenggorokan.
  • Berikan multivitamin terbaik, contohnya OrBird
Demikian sedikit wacana seputar burung kenari yang sedang lemas dan selalu memekarkan ekornya, semoga apa yang kami tulis kali ini bisa berguna buat sobat penghobi burung kenari.