Cara Membuat Kandang (Sangkar) Burung Lovebird dengan Mudah

Advertisement
Advertisement
Pembuatan sangkar atau kandang Lovebird haruslah didasarkan pada beberapa hal berikut ini, diantaranya adalah, sesuai dengan apa yang anda butuhkan. Misalnya, apabila anda memiliki banyak Lovebird, anda bisa membuat model kabinet, anda juga bisa membuat kandang yang berukuran besar untuk menempatkan beberapa burung dalam satu kandang.

Selain itu, anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal lainnya seperti, kemudahan dalam membersihkan kandang, kemudian pintu yang anda buat juga harus sistematis sehingga mudah untuk memasukkan tangan serta tidak membuat burung bisa keluar. Kemudian, yang perlu anda perhatikan juga yaitu, kenyamanan burung saat berada di kandang. Anda tentu tidak ingin apabila burung stres dan kesulitan untuk bermain karena sempit dan tidak nyamannya kandang bukan?!

kandang lovebird

Cara Membuat Sangkar Lovebird
Sebelum anda membuat kandang Lovebird, tentukan terlebih dahulu ukuran kandang yang dibutuhkan. Misalnya 40 x 40 x 40 atau anda juga bisa membuatnya menjadi 50 x 50 x 50 atau lebih besar dari itu sesuai dengan kebutuhan.

Sangkar / kandang kayu
Pertama siapkan beberapa bahan yang dibutuhkan seperti,
a. Kayu ukuran 2 x 2 cm
b. Tripleks
c. Serutan kayu
d. Kayu untuk bertengger Lovebird
e. Tempat minum Lovebird
f. Tempat makan Lovebird, bisa terbuat dari bahan plastik atau kaca
g. Paku kecil, lem, palu dan gergaji

Pembuatan kandang menggunakan kayu biasanya cocok untuk jenis kandang model kabinet. Ini akan memudahkan kita untuk memantau burung dan melakukan perawatan, terutama penggantian alas kandang apabila kotor.

Pembuatan kandang
Mulailah dengan mengukur dan memotong kayu, kemudian bentuklah menjadi bujursangkar, atau sesuai dengan yang anda inginkan.
Kemudian, potong juga triplek atau plywood yang akan kita gunakan sebagai:
a) atap,
b) sekat antar kandang,
c) kemudian alas, dan
d) bagian belakang kandang.

Langkah ketiga adalah memotong kawat atau jeruji untuk bagian depan kandang. Setelah itu, anda bisa merakitnya dengan menggunakan paku dan lem. Jangan lupa untuk membuat pintu di bagian depan yang sesuai dengan ukuran tangan anda sehingga memudahkan anda untuk mengambil burung di dalam atau untuk melakukan sesuatu tanpa hawatir burung akan keluar. Jadi, pastikan anda membuatnya sesuai dengan ukuran tangan, tidak terlalu besar atau tidak juga terlalu kecil.
Setelah itu, tempatkan botol makanan dan juga botol minuman di tempat-tempat yang mudah dijangkau oleh burung, misalnya, dibagian tempat dimana ia bertengger.
Anda harus menempatkan botol makanan dan botol minuman di luar kandang agar tetap bersih dan bebas dari kelembaban.

Untuk bagian alas, anda bisa menambahkan triplek yang bisa ditarik keluar layaknya sebuah laci agar mudah membersihkannya.
Kemudian untuk sangkar tempat bertelur, anda bisa membuatnya dari mangkok atau kotak triplek berukuran 20 x 20 dengan tinggi 5-7 cm. Kemudian sediakan,
a) Tissue toilet atau koran
b) Anda juga bisa menambahkan rumput kering, dan
c) Serutan kayu
Lalu letakkan semua bahan tersebut didalam kandang dan biarkan burung yang mengerjakan sisanya. Biasanya burung Lovebird akan membuat sarang sendiri dengan bahan-bahan di atas.

Sangkar / Kandang Besi
Pembuata sangkar (kandang) menggunakan besi atau kawat juga baik dan lebih simpel serta lebih mudah dibandingkan dengan menggan membuat kandang sendiri dengan bahan-bahan diatas.
unakan kayu. Walau demikian, kembali, semua tergantung dari kebutuhan dan dana yang anda miliki.

Apabila anda memutuskan untuk menggunakan kawat, tentukan terlebih dahulu ukuran kandang, kemudian potonglah kawat atau besi sesuai dengan ukuran yang akan anda inginkan. Setelah itu, anda bisa merakitnya dengan menggunakan las.

Yang perlu anda perhatikan saat membuat sangkar menggunakan besi atau kawat antara lain, anda harus menghindari kawat-kawat yang mencuat kedalam dan yang bisa menyakiti atau membuat Lovebird terluka.

Selebihnya, setelah kandang jadi, anda bisa menambahkan pelengkap lainnya, sama seperti pada metode pembuatan kandang dengan kayu. Kemudian, tambahkan juga tempat Lovebird bertelur (sarang), tambahkan tempat makan dan tempat minum serta tempat bertengger.

Tips Sangkar Lovebird
Apabila anda kesulitan untuk membuat sangkar sendiri, anda bisa membeli sangkar di toko-toko burung yang sudah jadi, dan sesuaikan dengan kebutuhan anda. Biasanya sangkar tersebut sudah dibuat sedemikian rupa untuk memudahkan pembersihan, memudahkan untuk mengambil burung, serta biasanya terlihat rapi dan aman untuk burung.

Sekian ulasan lengkap mengenai kandang lovebird untuk anda, semoga tips ini bisa menambah wawasan dan informasi buat sobat semua. Simak juga tips lain yang masih membahas burung lovebird, yakni tentang ternak lovebird.