Berbagai Macam Jenis Burung Ciblek Lengkap dengan Gambar

Advertisement
Advertisement
Jenis ciblek kali ini menjadi pembahasan yang cukup menarik, mengingat banyaknya sobat kicaumania yang mungkin masih awam seputar burung ciblek, terutama mengenai ragam ciblek yang populer di Indonesia.

gambar ciblek

Burung Ciblek atau Burung Prenjak memiliki beberapa jenis, dan beberapa orang mengkategorikannya berdasarkan habitat atau berdasarkan ciri-cirinya. Burung ini memiliki suara yang unik dan cenderung monoton sehingga banyak dijadikan sebagai master (simak: suara ciblek). Sedangkan apabila dilatih dan dirawat, burung jenis ini juga bisa menghasilkan beraneka suara yang terdengar cukup nyaring, bervariasi, monoton, dan jernih (ngebren).

Perawatan dan penangkaran ciblek banyak yang menganggapnya mudah, karena burung ini pakannya mudah didapatkan dan tidak mudah stres. Namun yang menjadi sulit bila ditemui berbagai macam masalah, misalnya: ciblek terserang penyakit bubul, katarak, kaki bengkak, dan lain sebagainya (baca juga: ternak ciblek).

Habitat burung ini cukup bervariasi mulai dari hutan, terkadang juga hidup di kebun atau di sawah. Makanan utamanya adalah serangga dan binatang-binatang kecil. Burung ini memiliki kebiasaan membuat sarang di tempat yang tidak terlalu tinggi dan tidak lebih dari dua meter dari atas tanah. Sarangnya berbentuk bulat terbuat dari rumput-rumput kering.

Ada beberapa nama yang diberikan untuk burung kecil ini diantaranya adalah,
  1. Ciblek Sawah
  2. Ciblek Gunung
  3. Ciblek Putih
  4. Ciblek Pari
  5. Ciblek Tambak
  6. Ciblek Kebun
  7. Ciblek Kristal
  8. Ciblek Semi
Namun secara khusus, Burung Ciblek dikategorikan menjadi dua atau tiga kelompok saja Misalnya,
  1. Ciblek Gunung
  2. Ciblek Sawah
  3. Ciblek Tambak
Masing-masing kategori burung tersebut memiliki beberapa ciri-ciri umum yang membedakan antara satu dengan yang lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa perbedaannya.

Ciri Ciblek Gunung
ciblek gunung
  1. Perawakannya kecil, tampak lincah dan memiliki semangat bertarung yang tinggi. Tipe burung ini sangat liar dan memiliki mental yang tangguh sehingga cocok dijadikan sebagai burung lomba.
  2. Warna bulu burung ini cenderung kecoklatan dengan warna hitam di bagian ujung ekor dan memiliki paruh dengan warna yang juga hitam.
  3. Bulu Ciblek Gunung tampak mengkilat dan bersih.

Ciri Ciblek Sawah
ciblek sawah
  1. Sedikit berbeda dengan Ciblek Gunung, burung ini memiliki ciri-ciri paling kentara terlihat pada ekornya yang sangat panjang, bahkan terkadang lebih panjang dari ukuran tubuhnya.
  2. Warna bulunya tidak terlalu mengkilat dan di bagian dada terdapat warna putih.
  3. Ciblek Sawah cenderung dijadikan sebagai burung master dan bukan untuk di master. Selain itu, untuk lebih mudah mengenali burung ini, biasanya dilihat dari warna paruhnya yang cenderung lebih terang dibandingkan dengan ciblek lainnya.

Ciri Ciblek Tambak
ciblek tambak
  1. Ciblek tambak memiliki warna paling gelap diantara Ciblek-ciblek yang lain, namun juga memiliki warna putih yang cukup terang dipadukan dengan warna kuning.
  2. Ciri utama dari Ciblek Tambak adalah paruhnya yang hitam pekat
  3. Memiliki ekor hitam berujung putih, serta 
  4. Dibagian bawah paruh dan dada berwarna putih, kemudian 
  5. Pada bagian perut berwarna kuning.

Demikian share untuk hari ini mengenai jenis ciblek, dan dalam merawat ciblek, perhatikan juga sangkarnya, silahkan baca artikel tentang sangkar ciblek.