Inilah Jenis-Jenis Cacing Pengganggu Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Merupakan hal yang merepotkan memang bagi penghobi burung kenari ketika kenari kesayangannya mengalami masalah atau mengidap suatu peyakit. Dan penyakit tersebut salah satunya disebabkan oleh cacing pengganggu yang ada dalam tubuh kenari, sehingga untuk mengatasinya diperlukan obat-obatan tertentu.

Sebenarnya ada banyak jenis cacing yang berbahaya dan dapat menganggu kesehatan tubuh kenari, dan akan kami bahas cacing apa saja yang termasuk pengganggu dan harus bersihkan dari tubuh kenari, dari mulai cacing yang efeknya menjadi penyakit biasa hingga yang paling berbahaya.

kenari sehat

Dan memang cacing dalam tubuh kenari bentuknya sangat kecil, dan bahkan banyak juga yang tak kasat mata, tetapi meskipun begitu harus segera diatasi bila kita mendapat hejala penyakit pada burung kenari yang disebabkan oleh cacing, salah satunya dengan memberikan obat cacing.

Adapun jenis cacing pengganggu kenari diantaranya adalah cacing tenggorokan, cacing rambut, cacing gelang, dan cacing pita. Berikut informasi selengkapnya mengenai cacing-cacing pengganggu tersebut:

Cacing tenggorokan
Cacing tenggorokan menjadi salah satu penyebab kenari sakit tenggorokan, terutama dapat menyumbat sauran pernafasan di bagian tenggorokan, bahkan bisa juga menyebabkan infeksi dan kematian. Gejala jika kenari terkena cacing tenggorokan ialah bersin-bersin, batuk, sering menggoyangkan/menggelengkan kepala untuk menghilangkan lendir agar keluar dari hidungnya.

Cacing rambut
Cacing rambut ini hidup dalam usus burung, dan menyerap sari makanan melalui darahnya. Kenari yang terserang cacing ini ditandai dengan gejala diare, dan biasanya bila salah satu burung kenari terkena cacing ini, maka burung lainnya akan tertular juga bila berada dalam satu sangkar dengannya. Penyakit yang disebabkan cacing rambut bila dibiarkan dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan infeksi dan kematian.

Cacing gelang
Tidak ada gejala yang khas yang disebabkan cacing gelang ini, tetapi bila burung kenari terkena cacing ini maka bisa menjadikan kenari itu mengalami penyakit kurang darah atau anemia. Bila cacing ini jumlahnya sudah banyak, maka akan menggerombol dan bisa menyumbat usus yang tentu bisa menyebabkan kematian pada kenari.

Cacing pita
Cacing pita bisa ditularkan melalui lalat dan siput darat. Adapun gejala bila kenari terkena cacing pita adalah burung kenari terlihat lemas, lesu, pucat,kurus, diare, dan males makan. Biasanya kenari yang mengidap cacing pita menyebabkannya sering kali membuka paruh karena kehausan, selain itu juga menyebabkan bulu-bulunya menjadi lebih kasar.

Sekian uraian seputar jenis cacing yang berbahaya yang menyerang burung kicau, khusus nya burung kenari, semoga informasi ini dapat menjadi tambahan wacana bagi kita semua yang notabene adalah kicau mania atau kenari mania. Yang paling penting adalah selalu memberikan perawatan terbaik untuk kenari kesayangan, dan tak lupa juga menyuplai vitamin anti cacing, seperti: D2K Cacing, Anti Cacing, Orbird, dll.

Adapun artikel sebelumnya tentang suara kenari juga mungkin menarik untuk anda simak, karena berhubungan dengan meningkatkan performa suara kicauan kenari agar lebih powerful dan lebih garang.