Apa Gejala Penyakit Gondok Pada Kenari? dan Cara Mengobatinya

Advertisement
Advertisement
Sebagai penghobi burung kenari tentu tidakingin bila kenari kesayangannya menderita suatu penyakit, entah itu sekecil apapun penyakitnya. Namun, bila kenari sudah terlanjur menderita penyakit maka tentu sang pemilik harus memberikan penanganan terbaik. Salah satu penyakit yang sering kali diderita oleh kenari adalah penyakit gondok.

Penyakit gondok umumnya diderita oleh manusia, tapi tahukah anda bahwa burung pun juga banyak yang menderita penyakit ini, mulai dari burung merpati, jalak, hingga kenari. Kenari yang menderita penyakit gondok maka daya tahan tubuhnya akan menurun, dan biasanya terlihat membuka paruh seperti berkicau tetapi tidak keluar suaranya, maka hal ini bisa jadi gejalanya terkena penyakit gondok.

kenari sakit gondok

Gejala lainnya bisa dilihat pada saat kenari tersebut dijemur, maka tidak sampai lama terlihat tidak kuat, dan suaranya ngik-ngik. Memang kenari yang sakit gondok berkebalikan dengan kenai yang sakit asma, kalau asma justru kenari saat dijemur semakin bagus dan malah ketika malam hari suaranya ngik-ngik.

Adapun bila kenari kesayangan anda terindikasi terkena penyakit gondok, maka segera berikan pakan yang kaya akan mineral, tentu mineral yang kandungan yodiumnya tinggi, karena penyakit gondok salah satunya diakibatkan oleh kekurangan zat yodium. Atau bisa juga dengan obat yang bisa anda dapatkan di pasaran burung terdekat.

Jangan lupa memberikan multivitamin tambahan yang tentu efektif juga dalam memulihkan kembali kondisi kenari agar tetap fit dan berstamina. Salah satu obat dan multivitamin terbaik yang terbuat dari bahan alami ialah OrBird.

Sekian dulu sedikit deskripsi seputar gejala kenari sakit gondok, semoga informasi yang kami sajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat sekalian. Bila sobat ingin mendapatkan suara burung kicau lainnya, maka tepat sekali bila anda mengunjungi artikel yang sudah kami update, yakni tentang suara kenari.