Mengenal Burung Ciblek Putih

Advertisement
Advertisement
Ciblek Putih merupakan salah satu jenis dari Burung Ciblek yang ada. Memiliki ciri-ciri utama yaitu, bulu yang dominan berwarna putih dengan perpaduan hitam di bagian kepala, di bagian sayap, dan pada bagian ekornya anda akan menemukan warna putih di bagian ujung.

Burung Ciblek Putih yang dominan dengan warna tersebut mulai dari bawah paruh dan dada kemudian di perut dan di bawah ekor. Warna kakinya cenderung lebih terang. Burung betina biasanya memiliki kaki berwarna pink atau kemerah-merahan.

ciblek putih

Habitat Ciblek Putih
Habitat burung ini kebanyakan hidup di sawah, kebun, atau rawa-rawa dan membuat sarang di padang ilalang atau di tempat-tempat yang tidak terlalu tinggi. Jenis burung ini sangat suka dengan makanan berupa ulat, capung, serangga-serangga kecil, belalang, dan lain-lain.
Beberapa jenis burung ini juga banyak ditemukan di sawah atau di pegunungan.

Daya Tarik dan Ciri-ciri
Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Ciblek Putih diantaranya adalah, suaranya yang jernih dan bisa dijadikan sebagai master. Saat berkicau beberapa jenis burung ini akan mengangkat ekornya dan terlihat seolah-olah memberikan tantangan dan menunjukkan mental yang sangat kuat sehingga banyak breeder atau peternak yang mengatakan bahwa jenis burung ini adalah jenis yang bisa dijadikan burung lomba dengan isian bervariasi.

Sebagai burung petarung, kemampuan burung ini dalam beradaptasi tergolong sangat bagus. Ciri-ciri lain yang dimiliki burung Prenjak Putih adalah matanya yang cenderung bulat dan berwarna kemerah-merahan.

Perawatan
Perawatan harian untuk burung ini apabila akan dijadikan master atau apabila akan di master, bisa dimulai dengan,
  1. Memandikannya dipagi hari menggunakan keramba yang sudah diisi dengan air dan disiapkan di dalam sangkar.
  2. Setelah itu burung bisa dikeringkan atau dijemur selama beberapa saat hingga bulu mengering.
  3. Untuk makanan harian burung ini, kebanyakan breeder memberikannya voer yang sedikit lembut dan dicampur dengan susu bubuk. Anda bisa melihat metode pembatan voer yang bikin burung gacor.
  4. Setelah dimandikan, burung bisa dibiarkan beristirahat tanpa dikerodong.
  5. Pemberian extra food berupa jangkrik atau kroto sebaiknya tidak terlalu sering, namun bagi anda yang ingin memiliki burung lomba, sebaiknya melakukan perawatan ekstra dengan cara memberikan 2 jangkrik pada pagi hari, dan 2 jangkrik lagi pada sore hari, serta tambahkan kroto 1 sendok teh.
  6. Mulai dari sore hari, terutama menjelang maghrib, anda bisa mengkrodong burung ini hingga keesokan paginya agar burung bisa beristirahat total.
Ada banyak jenis burung ciblek yang patut anda ketahui, diantaranya adalah ciblek sawah, ciblek gunung, ciblek kalung, dan lain sebagainya.