Ciri-Ciri Burung Ciblek Gunung

Advertisement
Advertisement
Burung Ciblek atau yang dikenal juga dengan nama Prenjak merupakan jenis burung berukuran kecil, panjangnya kurang lebih 13 cm pada saat dewasa, dengan ciri-ciri: bulu berwarna kuning di bagian perut dan pantat. Burung ini memiliki suara kicauan yang khas seperti anak ayam namun cukup jernih dan apabila dirawat bisa mengeluarkan suara yang panjang yang dikenal dengan istilah ngebrem, sebuah istilah yang diambil dari bunyi senapan mesin (brem).

Selain banyak dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai master, burung ini juga terkadang sengaja dipelihara dan dirawat untuk mengeluarkan bunyi ngebrem.

ciblek gunung

Ada banyak jenis Burung Ciblek yang banyak dikenal, yaitu Burung Ciblek Gunung, kemudian terdapat juga Burung Ciblek Sawah atau Kebun, Ciblek Putih, dll. Semuanya memiliki banyak persamaan namun, terdapat juga beberapa perbedaan selain kebiasaannya yang senang berada di sawah dan hutan atau kebun.

Ciri-ciri Burung Ciblek Gunung
Bagi anda yang tertarik untuk mengetahui beberapa perbedaan antara Ciblek Gunung dan Ciblek sawah, berikut adalah ciri lengkap burung tersebut.
  1. Ciblek Gunung jantan memiliki ukuran kaki yang besar dan berwarna coklat.
  2. Memiliki pen dubur yang menonjol dengan jumlah bulu yang sangat banyak pada pejantan. Sedangkan pada burung betina pen dubur berukuran lebih kecil dan bulunya terlihat lebih sedikit.
  3. Burung ini juga bisa dikenali dari warna bulunya yang cenderung lebih tajam, tampak mengkilat untuk burung jantan, dan pada burung betina warna bulunya sedikit kusam dan tidak semengkilap burung jantan.
  4. Memiliki ciri-ciri di bagian kepala yang terdapat corak (lirik-lirik) cukup tegas untuk burung jantan, dan untuk burung betina warna corak tersebut tidak begitu tegas namun masih ada.
  5. Memiliki bulu berwarna kuning di bagian tenggorokan. Pada burung jantan terlihat lebih terang dan begitu juga sebaliknya, burung betina terlihat warna kuningnya lebih pudar.
Selain ciblek gunung, jenis ciblek lain yang juga banyak diminati oleh ciblek mania adalah burung ciblek sawah.