Cara Merawat Burung Murai Batu Dengan Mudah

Advertisement
Advertisement
Murai Batu adalah salah satu burung berkicau yang memiliki banyak penggemar di Indonesia selain burung Lovebird, dll. Namun tahukah anda, salah satu kunci sukses dalam memiliki Murai Batu yang gacor, jinak, dan unggul terletak pada bagaimana cara anda merawat burung tersebut.

Seperti layaknya merawat burung pada umumnya, merawat Murai Batu (MB) juga membutuhkan ketelatenan, keuletan, membutuhkan waktu yang tidak sedikit serta anda juga harus memiliki pengetahuan seputar burung tersebut. Pengetahuan tersebut bisa berupa makanan burung, apa yang dibutuhkan oleh burung setiap hari? hingga bagaimana cara memandikan dan persiapkan kandangnya, dll.

murai batu jawara

Merawat Murai Batu
Untuk lebih lengkapnya, dalam merawat Murai Batu anda membutuhkan beberapa hal-hal berikut ini yang harus selalu diperhatikan setiap hari.

Kandang
Kandang Murai Batu harus nyaman, dan setidaknya berukuran cukup besar sehingga tidak membatasi gerak dan aktivitas burung. Selanjutnya, kandang harus bersih serta bebas dari gangguan termasuk juga pemangsa. Tidak ditempatkan ditempat yang terlalu ramai atau berisik, dan juga kandang harus memiliki sirkulasi udara yang baik.

Makanan
Merawat burung MB sebenarnya tidak terlalu sulit karena makanannya juga bisa kita temukan dengan mudah. Makanan utama burung ini adalah voer, akan tetapi beberapa breeder (peternak) yang juga terkadang memanfaatkan Pelet Lele.

Sedangkan untuk makanan ekstra yang bergizi banyak, bisa dimanfaatkan untuk membuat Murai Batu lebih sehat, lebih gacor, dan berbulu bagus. Diantara makanan extra tersebut antara lain, jangkrik, cacing, kroto, atau anda juga bisa memberikannya belalang hijau.

Nama makanan tambahan atau extra food tidak boleh diberikan terlalu banyak dan terlalu sering agar burung tidak kecanduan. Selalu perhatikan minuman burung dan gantilah apabila terlalu kotor.

Multivitamin
Berikan multivitamin tambahan agar murai tetap fit dan sehat, OrBird bisa menjadi pilihan untuk menjadikan murai kesayangan anda bisa tampil prima.

Aktivitas
Setelah anda memberikan perhatian pada kandang serta makanan untuk burung MB, selanjutnya jangan lupa untuk memberikan perhatian khusus yang akan menjadi aktivitas sehari-hari burung tersebut, diantaranya adalah,
  • Angin-anginkan burung sekitar 07.00 atau 08.00, antara 20 - 30 menit.
  • Setelah itu anda bisa memandikan burung dengan menggunakan semprotan atau sprey.
  • Selanjutnya, anda bisa menjemur burung untuk mempercepat proses pengeringan. Lakukan selama 1 atau 2 jam.
  • Pada sore hari, anda juga bisa mengangin-anginkan kembali burung untuk membiasakannya berada di alam bebas. Anda bisa menggantungnya di pepohonan atau di depan rumah.
Beberapa tahap cara merawat Murai Batu di atas bisa disesuaikan dengan kebiasaan anda maupun kebiasaan burung yang anda miliki. Sekedar saran, cobalah untuk meluangkan lebih banyak waktu agar MB bisa jinak dan mudah untuk dikembangbiakan.

Sekian informasi mengenai tips merawat murai batu, simak juga info lain yang tak kalah menarik, yakni tentang mengenal murai batu nias.