Cara Merawat Burung Lovebird yang Baik dan Tepat

Advertisement
Advertisement
Agar Lovebird bisa hidup dengan sehat, memiliki bulu yang bagus atau kekek yang panjang, anda harus memperhatikan kenyamanan burung saat berada di kandang atau di sangkar, kemudian jaga selalu kebersihan kandang dan juga asupan makanan.

Kemudian, faktor-faktor yang dapat menentukan kesehatan burung tersebut diantaranya adalah, rutinitas yang kita lakukan untuk merawat Lovebird setiap hari.

merawat lovebird

Cara Merawat Lovebird

Berikut beberapa tips merawat lovebird dengan baik:

a. Kandang atau Sangkar
Kita akan memulai dari perawatan kandang atau sangkar terlebih dahulu untuk memastikan bahwa sangkar tersebut sehat serta cukup bersih dan cukup luas.
Saat anda membuat sangkar, pastikan sanggar tersebut mudah untuk dibersihkan, memiliki bahan yang tidak akan melukai burung, serta tersedia juga tempat makan maupun tempat minum yang mudah dijangkau dan mudah diganti.
Alas sangkar harus mudah diganti dan tidak menimbulkan banyak gangguan agar burung tidak stres. Selain itu, peletakan tempat minum dan tempat makan sebaiknya berada diluar sangkar agar tidak tumpah dan menyebabkan sangkar menjadi lembab serta kotor dan berbau.

b. Makanan Burung
Setelah sangkar cukup baik dan memenuhi syarat kebersihan dan kenyamanan. Selanjutnya, yang perlu diperhatikan saat memelihara Lovebird adalah makanannya.
Layaknya manusia, Lovebird juga tidak boleh makan terlalu banyak agar tetap sehat. Walaupun burung tetap terlihat lahap setiap diberikan makan, namun anda harus tetap membatasinya.
Kemudian untuk makanan yang anda berikan, sebaiknya carilah makanan yang memang khusus diformulasikan untuk Lovebird. Anda juga bisa membuat sendiri makanan untuk Lovebird, namun, perhatikan nilai gizi dan kebutuhan serta komposisi dari makanan tersebut agar tetap sehat dan cocok untuk burung Lovebird. Bila perlu beri multivitamin tambahan seperti OrBird yang sangat bagus dalam menunjang kebutuhn nutrisi untuk burung.

c. Perawatan Rutin
a) Menjemur di pagi hari. Perawatan rutin yang harus anda lakukan setiap hari di antaranya adalah, anda harus menjemur Lovebird beserta sangkarnya pada pagi hari antara 07.00 hingga 08.00 selama 15 atau 20 menit.
b) Cek air. Secara rutin anda harus mengecek tempat air, jika sudah kotor, segera lakukan penggantian.
c) Mandikan. Jangan lupa memandikan burung agar tetap sehat dan bebas dari penyakit.
d) Bersihkan alas kandang. Ganti alas kandang apabila kotor dan pastikan anda memiliki alas kandang yang mudah dibuka maupun dipasang agar tidak membuat burung menjadi stres karena gangguan yang anda berikan.
e) Latih suara Lovebird. Pada siang hari dan malam hari, anda bisa melatih Lovebird dengan memperdengarkan suara burung lain dari audio dan pastikan anda menutup sangkar menggunakan kain tudung.
f) Bermain. Lovebird juga suka bermain lho, anda bisa menghiburnya menggunakan beberapa mainan seperti bola-bolaan, gantungan unik yang lucu dan beberapa mainan lainnya.

Oke, kami tutup dulu pembahasan kali ini mengenai cara merawat lovebird, semoga apa yang kami share dapat membantu sobat semua. Mungkin anda kesulitan dalam membedakan jenis kelamin lovebird, maka silahkan kunjungi artikel tentang cara membedakan lovebird jantan dan betina.