Cara Paling Efektif Merawat Anis Kembang

Advertisement
Advertisement
Dalam merawat burung Anis Kembang, salah satu kuncinya adalah dengan mengenali karakter dan kebiasaan burung tersebut terlebih dahulu agar memudahkan kita dalam memperlakukannya setiap hari.

merawat anis kembang

Merawat burung ini akan dimulai dari,

Merawat Kandang
Kandang harus senantiasa bersih dan terjaga serta bebas dari pemangsa maupun dari hiruk-pikuk dan keramaian. Jangan tempatkan kandang di tempat orang lalu lalang.
Agar mudah merawat kandang, sebaiknya anda membeli kandang khusus untuk berternak atau anda juga bisa membuatnya sendiri.

Burung jenis ini sangat menyukai cacing dan tidak menyukai cuaca yang terlalu panas atau sengatan sinar matahari. Sehingga, dibutuhkan sebuah sangkara yang terlindungi dari sinar matahari dan bertempat ditempat yang tidak terlalu panas.

Pemberian Makan
Makanan utama untuk burung Anis Kembang bisa berupa Voer yang divariasikan dengan makanan ekstra seperti kroto, jangkrik, cacing tanah, buah apel, buah pisang dan juga buah pepaya.
Dalam memberikan makanan ekstra sebaiknya tidak terlalu banyak agar burung tetap langsing dan fit. Dengan demikian, burung tidak akan over birahi yang akan mengganggu kicauannya.
Selalu perhatikan air dan makanan burung setiap hari. Apabila air sudah terlihat keruh atau berkurang, sebaiknya segera ditambahkan atau diganti.

Merawat Burung Setiap Hari
Setiap hari anda harus memulai perawatan burung dengan,
  • Mengangin-anginkannya di pagi hari selama kurang lebih 30 menit sebelum dimandikan.
  • Burung dewasa bisa dimandikan selama 30 menit hingga 1 jam dengan menggunakan keramba atau semprotan, atau anda juga bisa menyediakan tempat khusus berupa kolam (keramba) untuk mandi yang dilengkapi pancuran.
  • Setelah dimandikan, burung kembali harus diangin-anginkan dan sebaiknya diletakkan ditempat yang berbeda agar suasananya berubah dan burung tidak menjadi bosan.
  • Setelah itu, jemur burung selama 1 atau 2 jam.
  • Setelah semua proses diatas dilewati, selanjutnya anda bisa melakukan mastering atau memperdengarkan suara kicauan anis sendiri atau burung lain atau audio (MP3) (simak: suara anis kembang). Saat melakukan mastering sebaiknya anda mengkrodong sangkarnya.
  • Pada sore hari menjelang 15.00, kembali anda harus mengangin-anginkan burung tersebut kemudian memandikannya dan memberikannya makanan ekstra berupa jangkrik atau cacing.
  • Bagi anda yang menginginkan burung gacor dan pandai dalam mempertontonkan aksi teatrikal teler atau doyong, beberapa breeder menyarankan supaya memandikan burung pada malam hari sekitar pukul 21.00 hingga 22.00 dengan menggunakan keramba yang dilengkapi dengan pancuran.

Perhatikan Lingkungan
Agar sukses merawat Anis Kembang, anda diharuskan untuk memiliki tempat yang aman dari suara suara bising, aman dari pemangsa, dan tidak ditempatkan di tempat orang lalu lalang. Karena dapat menyebabkan burung menjadi stres atau kaget.

Apabila Burung Stres atau Macet
Saat burung stres dan kemudian kehilangan suaranya, sebaiknya anda mengidentifikasi penyebabnya terlebih dahulu sebelum memberikan penanganan sebagai solusi (baca juga: cara mengatasi anis merah macet bunyi).