Cara Menjodohkan Burung Lovebird yang Baik dan Efektif

Advertisement
Advertisement
Lovebird adalah burung cantik yang dikenal sebagai burung setia dan memiliki kekek panjang, lucu, dan menggemaskan. Selain itu burung ini juga memiliki bulu yang terlihat bersih, cerah, serta menarik. Menurut sejarah yang berkembang, burung ini pada awalnya didatangkan dari benua Afrika.

Hingga saat ini, di Indonesia sudah banyak peternak yang berhasil membudidayakan jenis burung ini.
Pengembangbiakan Lovebird kemudian semakin disukai dan semakin menjanjikan. Terlebih, dengan adanya lomba-lomba yang diadakan baik itu pada tingkat regional maupun tingkat nasional.

lovebird jodoh

Mengenal Lovebird
Sepeti yang telah disebutkan sebelumnya, burung ini merupakan tipe burung monogami yang memiliki pasangan dan selalu terlihat bersama-sama. Namun adakalanya burung ini tidak berpasangan dengan lawan jenisnya, melainkan berpasangan dengan sesama jenis.
Hal tersebut tentu saja akan mengganggu proses pengembangbiakan. Terlebih, jika anda tidak mengetahui bagaimana cara membedakan dan memilih antara yang betina atau yang jantan.
Intinya, sebelum anda melakukan pengembangbiakan untuk mendapatkan keturunan Lovebird yang baik, terlebih dahulu anda harus memiliki sepasang jantan dan betina yang sehat serta baik kondisi mentalnya. Apabila anda menginginkan keturunan yang memiliki suara bagus serta kekek yang panjang, ada baiknya anda memilih betina yang memiliki suara bagus serta kekek panjang karena biasanya suara bisa diturunkan melalui DNA selain tentunya pengaruh dari makanan dan perawatan.

Cara Menjodohkan Lovebird

Sepasang Lovebird
Cara menjodohkan atau mengawinkan Lovebird bisa dilakukan dengan, memilih pejantan yang berusia 8 bulan atau 1 tahun dan siap untuk membuahi. Kemudian anda harus juga memiliki betina yang berusia 1 tahun atau lebih dimana usia tersebut adalah usia ideal untuk memulai bertelur.
Letakkan di dalam satu sangkar, baik mulai dari mereka masih anakan, atau anda juga bisa menyatukan mereka saat mereka berusia remaja (bulan).

Metode Berkelompok
Metode ini juga biasanya dilakukan oleh beberapa breeder yang kesulitan menentukan jenis kelamin dari burung-burung yang mereka miliki. Selain itu, metode ini juga akan memudahkan anda dalam membiarkan seleksi alam menentukan sendiri pasangan yang tepat yang mereka inginkan.
Caranya cukup sederhana, anda bisa memasukkan beberapa burung di dalam satu sangkar sekaligus, namun ingat, sangkar tersebut haruslah luas dan besar.

Metode Poligami
Metode ini juga bisa dicoba, caranya sangat sederhana, pertama siapkan satu pejantan, kemudian anda bisa menjodohkannya dengan 3 ekor betina yang siap dibuahi. Menurut beberapa ahli burung Lovebird, 1 pejantan bisa membuahi hingga 4/5 burung betina. Walau demikian, ada baiknya anda memaksimalkan hingga 3 ekor saja.

Perhatikan Makanan dan Asupan Gizi
Saat anda menginginkan keturunan yang baik dari Lovebird yang anda jodohkan, perhatikan makanan yang anda berikan. Makanan-makanan seperti jagung muda, milet, biji bunga matahari merupakan makanan-makanan yang disarankan untuk membantu burung agar tetap sehat dan bisa memiliki keturunan yang baik.

Selain memperhatikan makanannya, anda juga setidaknya harus memberikan vitamin kepada burung-burung tersebut dan melakukan perawatan secara telaten. Berikut adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat menjodohkan burung ini.

1. Hindari tempat yang ramai dan bising atau tidak tenang.
2. Jangan terlalu sering mengganggu burung.
3. Ciptakan situasi dan lingkungan yang bersih dan nyaman.
4. Perhatikan makanan dan vitamin yang dibutuhkan oleh burung.
5. Selengkapnya (baca: makanan lovebird).

Sekian sedikit ulasan mengenai tips menjodohkan burung lovebird, kami harapkan artikel ini bisa berguna buat sobat sekalian.