Cara Mengatasi Burung Kenari Ngeruji (Nempel Di Jeruji Sangkar)

Advertisement
Advertisement
Ngeruji merupakan salah satu tingkah yang dilakukan oleh burung pada umumnya, yaitu suka menempel di jeruji sangkar. Memang bila tingkah ini sering dilakukan oleh kenari rumahan bukanlah sebuah masalah yang perlu dikhawatirkan, namun tentu cukup merugikan bila kenari yang ngeruji tersebut termasuk kenari yang rajin gacor atau kenari lomba (baca: suara kenari). Karena kenari yang ngeruji saat lomba berlangsung, meskipun pandai bernyanyi dengan gaya yang bagus, tetapi bila diselingi dengan keaktifannya menempel di jeruji sangkar, maka ini akan mengurangi nilai.

Yang menjadi unek-unek dari kenari mania adalah sebelumnya kenarinya senang gacor dengan tenang, tetapi kok tiba-tiba berubah jadi lebih aktif ngeruji, apalagi ngeruji sambil berkicau. Yang menjadi penyebab utama kenari ngeruji adalah adanya birahi dan energi yang berlebihan, sehingga kenari itu gerakannya terlalu frontal dan senang nempel di jeruji.

kenari ngeruji

Adapun solusi untuk mengatasi kenari yang ngeruji bisa anda simak poin-poinnya berikut:
  • Kurangi pakan harian berupa kroto, maksimal 10 butir.
  • Kurangi pakan bijian yang mengandung minyak.
  • Tingkatkan penjemuran secara perlahan, jika biasanya dijemur mulai jam 7 sampai jam 9, maka coba tambahkan setengah jam atau 1 jam.
  • Tambahkan tangkringan, bisa juga 2 tangringan di tengah.
  • Berikan multivitamin yang bagus agar kenari menjadi lebih stabil, contoh vitamin yang bagus adalah: OrBird.
Demikian sedikit tips agar kenari tidak terlalu frontal dan gemar ngeruji, silahkan dicoba poin-poin di atas, semoga bisa membantu. Silahkan kunjungi juga artikel menarik lain yang telah kami bahas sebelumnya tentang pencegahan guratan merah pada kenari.