Langsung ke konten utama

Cara Mengatasi Anis Merah Macet Bunyi

Ternak burung Anis Merah memang seharusnya tidak setengah-setengah, maksudnya tidak hanya merawat dengan hanya sekedar memberi makan dan minum saja. Umumnya, memang sebagai orang yang hobi memelihara burung anis merah, maka akan berusaha memberikan perawatan terbaik, bahkan sampai menjadikan burung kicau miliknya semakin gacor dan jawara lomba.

anis merah macet bunyi

Tentu bila memiliki Anis Merah yang rajin berkicau menjadikan kebanggaan tersendiri bagi sang pemilik (simak: kicau anis merah), namun akan menjadi masalah bila tiba-tiba Anis Merah yang dipelihara menjadi macet bunyi, maka tentu itu ada penyebabnya dan harus segera diatasi. Burung Anis Merah macet bunyi (tidak berkicau) bisa disebabkan karena banyak hal, diantaranya adalah,
  1. Perubahan cara merawat.
  2. Macet setelah mabung.
  3. Macet karena stres atau bosan.
  4. Macet karena salah perawatan.
  5. Karena sakit atau kondisi kesehatan tertentu.
  6. Karena kaget oleh suara atau kaget karena sangkar yang terjatuh.
  7. dll.

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan burung jenis ini berhenti untuk berbunyi lagi alias macet atau mandek. Dengan mengetahui penyebab mengapa burung berhenti berkicau atau macet maka akan memudahkan kita dalam memberikan penanganan untuk memancingnya agar gacor kembali.

Mengatasi Anis Merah yang Macet
Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda terapkan pada burung tersebut apabila tidak mau bersuara atau macet.

1. Perawatan
Apabila burung macet karena perubahan perawatan yang anda berikan, ada baiknya anda mengembalikan perawatan kekondisi semula atau dengan melakukan perawatan yang sama seperti yang anda lakukan sebelumnya. Perawatan tersebut bisa berupa cara pemberian makanan, perlakuan sehari-hari, hingga cara memandikan dan penggantian sangkar.

2. Bubuk Cabai
Beberapa kasus burung Anis Merah yang tiba-tiba berhenti berkicau atau berbunyi beberapa diantaranya bisa diatasi dengan bubuk cabai.
Cabai, yang sudah menjadi bubuk atau dibuat menjadi bubuk kaya akan vitamin C, memiliki rasa pedas dan dapat mengembalikan kicau burung kesayangan anda.
Cara memanfaatkan bubuk cabai sebenarnya tidak terlalu sulit, cukup anda sediakan bubuk cabai secukupnya kemudian campurkan dengan voer lalu berikan kepada burung.
Metode ini harus anda ulangi beberapa kali selama kurang lebih 1 minggu untuk merangsang agar burung mau berkicau kembali.

Apabila anda kesulitan menemukan bubuk cabai yang dijual dipasar, anda bisa membuat sendiri dengan cara menyiapkan beberapa cabe merah atau cabe rawit kemudian belah dan buang bijinya. Lalu keringkan menggunakan oven selama 5 atau 8 menit atau hingga mengering, setelah itu giling hingga halus.

3. Terapi
Beberapa kasus burung yang macet bisa diatasi dengan melakukan beberapa terapi diantaranya adalah, dengan memperdengarkan master atau burung lain yang gacor.
Metode ini membutuhkan kesabaran dan ketelatenan karena biasanya membutuhkan waktu yang lama.

Anda bisa menyediakan audio master kemudian perdengarkan secara sayup-sayup kepada burung tersebut secara berkala. Selain itu, anda juga bisa memancingnya dengan menggunakan suara burung asli lainnnya. Metodenya sangat sederhana, anda hanya perlu membawa burung yang macet tersebut dan letakkan di dekat burung yang rajin berkicau atau gacor selama beberapa jam setiap hari.

4. Memberikan Perubahan Lingkungan
Apabila burung berhenti berbunyi karena bosan, anda bisa mencoba beberapa trik untuk memberikan suasana yang bervariasi, diantaranya adalah, dengan mengangin-anginkan burung di pagi hari di tempat yang berbeda, kemudian menjemur burung ditempat yang berbeda, serta mengangin-anginkannya kembali di tempat yang berbeda pula. Tempat-tempat yang berbeda tersebut akan membuat burung mendapatkan lingkungan yang bervariasi sehingga diharapkan ia akan kembali bersemangat.

5. Perawatan Rutin
Selain metode-metode diatas, beberapa peternak juga terkadang menggunakan metode klasik yaitu dengan memberikan perawatan ekstra mulai dari,
  • Memandikan burung 2 atau 3 kali dalam sehari dengan menambahkan pancuran selama 1 jam.
  • Berikan makanan ekstra setiap hari: 2 jangkrik untuk sarapan, 2 cacing untuk makan siang, dan 1 sdm (sendok makan) kroto untuk makan malam.
  • Mandikan burung di malam hari sekitar 21.00 hingga 22.00 dengan menggunakan metode kolam dan pancuran.

6. Menggunakan Anis Merah Betina
Memancing suara Anis jantan agar keluar kembali setelah macet bisa dilakukan menggunakan Anis Merah betina.

7. Memberikan Vitamin Herbal
Vitamin alami yang berfungsi untuk membuat burung semakin gacor salah satunya adalah OrBird.

Caranya, cukup dekatkan kandang Anis Merah betina selama beberapa saat lalu jauhkan dan biarkan Anis Merah jantan mendengarkan suara Anis Merah betina dari kejauhan. Metode ini untuk menimbulkan rasa penasaran pada Anis Merah jantan sehingga ia akan mencoba untuk mengeluarkan suaranya agar bisa menarik perhatian betina.

Pos populer dari blog ini

Download Suara Kicau Burung Murai Batu Mp3 Durasi Panjang

Suara murai batu memang istimewa, maka tak heran bila sobat kicaumania berburu suara kicauannya, entah sebagai koleksi yang sekedar untuk didengarkan sendiri di rumah, atau dipakai sebagai bahan untuk mastering burung kicau. Murai batu termasuk dalam jajaran burung kicau kelas premium di Indonesia.

Murai batu merupakan salah satu jenis burung yang paling digemari kicaumania hingga saat ini, sehingga pantas saja bila burung ini menjadi burung primadona di negeri ini. Murai batu juga memiliki banyak keunggulan, selain dari segi suara sangat bagus juga dari segi tampilan fisik yang elegan. Ini yang menjadikannya terlihat sangat memukau, dan menjadikan burung ini cukup laris di pasaran. Murai batu kini sangat populer di kawasan asia, mulai dari India, Thailand, Singapura, Malaysia, dan termasuk juga Indonesia.

Murai batu ada berbagai macam jenis,  dan jenis murai batu yang paling populer diantaranya adalah murai batu medan, murai batu nias, murai batu lampung, murai batu aceh, dan murai b…

Cara Ternak Burung Lovebird Untuk Pemula Lengkap

Ternak lovebird menjadi salah satu usaha yang sangat menjanjikan, mengingat banyaknya peminat burung ini di pasaran. Selain itu, lovebird juga menjadi salah satu burung primadona yang sangat populer di negeri ini. Bagi sobat yang berminat untuk memulai usaha budidaya ternak burung kicau, maka ada banyak burung yang bisa dijadikan opsi untuk beternak, mulai dari burung kenari, lovebird, kacer, murai batu, dan lain sebagainya. Sobat harus tahu, terlebih harus peka mengenai burung apakah yang saat ini sedang trend dan dicari banyak orang?


Kami akan mencoba memberikan salah satu result untuk sobat, yaitu burung lovebird. Nah, burung lovebird akhir-akhir ini menjadi burung yang peminatnya terus bertambah, karena tidak hanya di kota-kota besar saja yang tertarik untuk memelihara burung ini, di perdesaan pun mulai banyak yang bermiant untuk memilikinya, bahkan sampai berminat untuk mengembangkannya.

Ternak lovebird bisa dibilang susah-susah gampang, tetapi bila sudah cukup pengalaman, maka ak…

Harga Burung Lovebird Terbaru Mei 2017

Harga lovebird mungkin sedang anda cari saat ini? maka akan kami share, dan teruslah ikuti pembahasannya berikut ini. Burung lovebird atau yang umum dikenal dengan singkatan LB ini merupakan jenis burung kicau yang memiliki warna yang beragam, ada merah, biru, hijau, kuning, dan lain sebaginya. Bulu yang indah, paruhnya yang unik, serta matanya yang bulat tajam menjadikan ciri khas dari burung satu ini. Di Indonesia pecinta burung LB sangat banyak sekali, dan jenis burung ini termasuk jenis burung yang juga menjadi incaran para kicau mania.


Paruhnya yang bengkok menukik kie bawah memang menjadi daya tarik bagi penggemarnya, jadi wajar bila burung lovebird di tahun ini masuk papan teratas yang ramai di pasaran, selain kenari dan murai batu. Di tahun 2013 yang lalu harga burung lovebird katanya menurun, dan di tahun 2014 mulai naik tajam, hingga di tahun 2015 ini burung lovebird harganya lumayan. Namun, setiap jenis lovebird harganya berbeda, tentu bagi sobat pecinta burung lovebird yan…