Cara Mengatasi Anis Merah Macet Bunyi

Advertisement
Advertisement
Ternak burung Anis Merah memang seharusnya tidak setengah-setengah, maksudnya tidak hanya merawat dengan hanya sekedar memberi makan dan minum saja. Umumnya, memang sebagai orang yang hobi memelihara burung anis merah, maka akan berusaha memberikan perawatan terbaik, bahkan sampai menjadikan burung kicau miliknya semakin gacor dan jawara lomba.

anis merah macet bunyi

Tentu bila memiliki Anis Merah yang rajin berkicau menjadikan kebanggaan tersendiri bagi sang pemilik (simak: kicau anis merah), namun akan menjadi masalah bila tiba-tiba Anis Merah yang dipelihara menjadi macet bunyi, maka tentu itu ada penyebabnya dan harus segera diatasi. Burung Anis Merah macet bunyi (tidak berkicau) bisa disebabkan karena banyak hal, diantaranya adalah,
  1. Perubahan cara merawat.
  2. Macet setelah mabung.
  3. Macet karena stres atau bosan.
  4. Macet karena salah perawatan.
  5. Karena sakit atau kondisi kesehatan tertentu.
  6. Karena kaget oleh suara atau kaget karena sangkar yang terjatuh.
  7. dll.

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan burung jenis ini berhenti untuk berbunyi lagi alias macet atau mandek. Dengan mengetahui penyebab mengapa burung berhenti berkicau atau macet maka akan memudahkan kita dalam memberikan penanganan untuk memancingnya agar gacor kembali.

Mengatasi Anis Merah yang Macet
Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda terapkan pada burung tersebut apabila tidak mau bersuara atau macet.

1. Perawatan
Apabila burung macet karena perubahan perawatan yang anda berikan, ada baiknya anda mengembalikan perawatan kekondisi semula atau dengan melakukan perawatan yang sama seperti yang anda lakukan sebelumnya. Perawatan tersebut bisa berupa cara pemberian makanan, perlakuan sehari-hari, hingga cara memandikan dan penggantian sangkar.

2. Bubuk Cabai
Beberapa kasus burung Anis Merah yang tiba-tiba berhenti berkicau atau berbunyi beberapa diantaranya bisa diatasi dengan bubuk cabai.
Cabai, yang sudah menjadi bubuk atau dibuat menjadi bubuk kaya akan vitamin C, memiliki rasa pedas dan dapat mengembalikan kicau burung kesayangan anda.
Cara memanfaatkan bubuk cabai sebenarnya tidak terlalu sulit, cukup anda sediakan bubuk cabai secukupnya kemudian campurkan dengan voer lalu berikan kepada burung.
Metode ini harus anda ulangi beberapa kali selama kurang lebih 1 minggu untuk merangsang agar burung mau berkicau kembali.

Apabila anda kesulitan menemukan bubuk cabai yang dijual dipasar, anda bisa membuat sendiri dengan cara menyiapkan beberapa cabe merah atau cabe rawit kemudian belah dan buang bijinya. Lalu keringkan menggunakan oven selama 5 atau 8 menit atau hingga mengering, setelah itu giling hingga halus.

3. Terapi
Beberapa kasus burung yang macet bisa diatasi dengan melakukan beberapa terapi diantaranya adalah, dengan memperdengarkan master atau burung lain yang gacor.
Metode ini membutuhkan kesabaran dan ketelatenan karena biasanya membutuhkan waktu yang lama.

Anda bisa menyediakan audio master kemudian perdengarkan secara sayup-sayup kepada burung tersebut secara berkala. Selain itu, anda juga bisa memancingnya dengan menggunakan suara burung asli lainnnya. Metodenya sangat sederhana, anda hanya perlu membawa burung yang macet tersebut dan letakkan di dekat burung yang rajin berkicau atau gacor selama beberapa jam setiap hari.

4. Memberikan Perubahan Lingkungan
Apabila burung berhenti berbunyi karena bosan, anda bisa mencoba beberapa trik untuk memberikan suasana yang bervariasi, diantaranya adalah, dengan mengangin-anginkan burung di pagi hari di tempat yang berbeda, kemudian menjemur burung ditempat yang berbeda, serta mengangin-anginkannya kembali di tempat yang berbeda pula. Tempat-tempat yang berbeda tersebut akan membuat burung mendapatkan lingkungan yang bervariasi sehingga diharapkan ia akan kembali bersemangat.

5. Perawatan Rutin
Selain metode-metode diatas, beberapa peternak juga terkadang menggunakan metode klasik yaitu dengan memberikan perawatan ekstra mulai dari,
  • Memandikan burung 2 atau 3 kali dalam sehari dengan menambahkan pancuran selama 1 jam.
  • Berikan makanan ekstra setiap hari: 2 jangkrik untuk sarapan, 2 cacing untuk makan siang, dan 1 sdm (sendok makan) kroto untuk makan malam.
  • Mandikan burung di malam hari sekitar 21.00 hingga 22.00 dengan menggunakan metode kolam dan pancuran.

6. Menggunakan Anis Merah Betina
Memancing suara Anis jantan agar keluar kembali setelah macet bisa dilakukan menggunakan Anis Merah betina.

7. Memberikan Vitamin Herbal
Vitamin alami yang berfungsi untuk membuat burung semakin gacor salah satunya adalah OrBird.

Caranya, cukup dekatkan kandang Anis Merah betina selama beberapa saat lalu jauhkan dan biarkan Anis Merah jantan mendengarkan suara Anis Merah betina dari kejauhan. Metode ini untuk menimbulkan rasa penasaran pada Anis Merah jantan sehingga ia akan mencoba untuk mengeluarkan suaranya agar bisa menarik perhatian betina.