Cara Membedakan Burung Lovebird Jantan dan Betina

Advertisement
Advertisement
Selamat pagi sobat kicau mania Indonesia, bila sebelumnya kami gencar membahas burung murai batu, salah satunya yaitu cara memaster murai batu, maka kali ini kami akan sajikan informasi seputar burung lovebird, khususnya tentang cara membedakan lovebird jantan dan betina. Burung kicau kenari, murai batu, maupun lovebird merupakan burung kicau yang penggemarnya bisa dibilang banyak sekali. Karena memang burung kicau di Indonesia saat ini menjadi sangat populer, bisa dilihat dengan rajinna pagelaran lomba burung kicau disetiap daerah.

Membedakan burung memang bukan perkara mudah. Namun apabila anda sudah terbiasa dan mengetahui ciri-cirinya maka dengan mudah anda bisa membedakannya. Bisa membedakan Lovebird jantan dan betina adalah syarat yang harus dimiliki oleh para breeder atau para peternak agar tidak salah memilih jenis kelamin, sehingga proses pengembangbiakan bisa sukses.

lovebird jantan, lovebird betina, ciri lovebird jantan, ciri lovebird betina

Berdasarkan fisik

Bentuk Ekor
Bentuk ekor burung Lovebird betina dan jantan sedikit berbeda. Untuk Lovebird betina biasanya ekornya berbentuk seperti Huruf “U”atau lebih lebar. Sedangkan yang jantan memiliki ekor berbentuk huruf “V”atau terlihat lebih Lancip.

Ukuran Ttubuh
Tubuh burung Lovebird betina biasanya lebih besar, saat digenggam terasa lebih berisi dan bulat. Selain itu, kepala Lovebird betina biasanya lebih kecil dibandingkan dengan kepala yang jantan.

Jarak Antar Kaki
Saat bertengger, Lovebird jantan dan betina biasanya memiliki beberapa perbedaan dan salah satunya adalah, jarak antar kaki yang dimilikinya.
Lovebird betina biasanya lebih ngangkang, atau jarak antar kaki lebih jauh dibandingkan dengan pejantan.

Tulang Panggul
Burung betina biasanya memiliki panggul yang lebih lebar untuk memudahkannya bertelur. Metode ini juga bisa digunakan untuk membedakan antara betina dan jantan namun jarang digunakan.

Ukuran dan Bentuk Paruh
Bentuk paruh burung betina biasanya lebih lebar dibandingkan dengan bentuk dan ukuran paruh jantan.

Bentuk Sayap
Bentuk sayap juga bisa dijadikan sebagai pembeda antara jenis kelamin burung yang jantan dan betina. Umumnya burung jantan memiliki sayap yang menyilang sedangkan betina biasanya lebih terbuka untuk memudahkannya dalam menyiapkan dan membuat sarang.

Berdasarkan Tingkah Laku

Aktif vs Pemalas
Lovebird betina biasanya terlihat malas-malasan saat makan sedangkan Lovebird jantan terlihat lebih aktif.
Selain itu, lover jantan juga biasanya lebih suka menyapih si betina.

Membuat Sarang
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa burung betina membutuhkan tempat untuk bertelur. Sehingga, nalurinya untuk membuat sarang akan tetap terlihat saat berada di dalam kandang. Biasanya Lovebird betina akan aktif mengumpulkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat sarang.

Test DNA
Tes DNA merupakan alternatif terakhir yang bisa kita gunakan untuk menentukan pejantan dan betina. Tes DNA biasanya bisa dilakukan dengan menggunakan bulu yang diambil dari burung yang bersangkutan.

Ini merupakan cara paling efektif dan selalu tepat dalam menentukan jenis kelamin Lovebird, namun di Indonesia masih jarang digunakan.