Cara Membedakan Anis Merah Jantan dan Betina

Advertisement
Advertisement
Burung Anis Merah disebut juga Punglor Merah atau Punglor Cacing. Beberapa orang juga menyebut burung ini dengan nama Punglor Bata, dan dalam istilah latin dikenal dengan Zoothera Citrina. Di Indonesia burung ini banyak ditemukan di Pulau Bali, Yogyakarta, Semarang , Bandung dan Surabaya.

anis merah jantan dan betina

Biasanya burung ini menyukai tempat tempat yang lembab serta senang hidup di kebun kopi maupun kebun salak. Walau demikian, burung jenis ini juga sebenarnya ditemukan dibeberapa negara lain termasuk India, Malaysia, Bangladesh, Pakistan, Thailand, Sri Lanka, Vietnam, dan beberapa negara Asia lainnya.

Cara Membedakan Anis Merah Jantan dan Betina
Burung Anis Merah termasuk kedalam golongan burung monomorfik yang tidak memiliki  perbedaan yang jelas, baik secara fisik maupun yang lainnya antara burung jantan dan betina. Walau demikian, ada beberapa ciri-ciri umum yang sering digunakan untuk membedakan burung jantan dan betina, walaupun tidak memberikan akurasi 100% (persen).

Bagi anda yang masih awam dengan burung ini serta belum bisa membedakan antara yang jantan dan betina, berikut adalah beberapa tips agar mudah membedakannya.
  • Burung jantan memiliki warna bulu, yang lebih berkilau dan warna hitam yang lebih gelap (pekat).
  • Body pejantan lebih ramping dan panjang dibandingkan dengan betina.
  • Burung Anis Merah jantan memiliki paruh yang lebih tebal dan tampak lebih runcing.
  • Perbedaan selanjutnya antara jantan dan betina yaitu, terletak pada tulang supitnya. Biasanya burung betina memiliki tulang supit yang lebih lembek dan lebar, hal tersebut berkaitan erat dengan proses bertelur.

Ciri dari segi suara:

Selain faktor fisik, kita juga bisa menggunakan faktor kebiasaan dari burung tersebut untuk membedakan antara pejantan dan betina. Berikut adalah beberapa perbedaan tingkah laku burung Anis Merah jantan dan betina berdasarkan tingkah laku.
  • Burung pejantan apabila menemukan pejantan lainnya akan mendongakan kepalanya sebagai tanda waspada.
  • Sedangkan burung betina apabila bertemu pejantan yang sedang teler dan berkicau, apabila ia sedang dalam birahi akan menanggapinya dengan menggetar-getarkan sayapnya serta berkicau.

Semua ciri-ciri dan perbedaan antara burung jantan dan betina diatas sebenarnya tidaklah mutlak. Sehingga anda membutuhkan sedikit pengalaman atau jaminan dari penjual untuk bisa mengetahui jenis kelamin burung tersebut dengan lebih akurat.

Anis merah termasuk burung kicau yang bisa dibilang harganya mahal, tetapi setiap daerah ternyata mematok harga yang berbeda, begitu juga dengan anis kembang, bisa anda lihat pada artikel tentang harga anis merah dan harga anis kembang.