Cara Membuat Anis Merah Teler Istimewa

Advertisement
Advertisement
Cara membuat agar Anis Merah cepat teler bisa berbeda-beda antara satu breeder dengan breeder (peternak) lainnya. Namun, perlu diketahui bahwa burung jenis ini hanya bisa teler dikarenakan birahi yang memuncak. Gaya teler dari burung tersebut merupakan cara yang ia lakukan untuk menarik perhatian betina. Terutama ketika berkicau, sering kali nampak ketelerannya (simak juga: suara anis merah)

anis merah teler

Lalu pertanyaannya, apakah mungkin membuat burung teler dengan menggunakan sesuatu atau metode tertentu? Pada dasarnya kondisi teler tersebut bersifat alami. Namun, beberapa pemilik burung jenis ini mencoba mengkondisikan burung yang mereka miliki agar bisa lebih sering teler.

Faktor Yang Menyebabkan Anis Merah Teler
Ada beberapa faktor yang menjadikan anis merah gampang teler, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Usia
Seperti halnya burung-burung lain, burung jenis ini juga memasuki dewasa pada saat mereka berusia sekitar 8 bulan. Usia tersebut merupakan usia dimana pejantan bisa merasakan ketertarikan pada burung betina (baca juga: cara membedakan anis merah jantan dan betina).

2. Birahi yang Memuncak
Selain karena faktor usia, yang membuat burung ini bisa teler selanjutnya adalah faktor birahi yang akan memaksanya melakukan aksi teler untuk menarik perhatian betina.

Mengkondisikan agar Anis Merah Teler
Setelah kita mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan burung ini bisa penampakan aksi teatrikal telernya, beberapa peternak percaya bahwa aksi tersebut bisa dikondisikan dengan cara-cara tertentu. Bagi anda yang tertarik dengan tips dan trik cara membuat agar Anis Merah teler, berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Memandikan Burung Dimalam Hari
Burung yang menyukai tempat lembab dan enggan terkena sinar matahari ini bisa dilatih untuk teler apabila rajin dimandikan terutama pada malam hari.
Pada dasarnya, memandikan burung bisa dilakukan 2 kali sehari. Misalnya, pagi dan sore hari. Namun anda bisa menggantinya menjadi pagi dan malam hari.
Memandikan burung jenis Anis Merah merupakan langkah dalam memelihara yang harus anda berikan agar burung tetap sehat dan memiliki bulu yang bagus.
Memandikan burung pada malam hari bisa berlangsung antara 30 menit hingga 1 jam. Semua tergantung dari waktu yang anda miliki serta kebiasaan dari burung itu sendiri.
Manfaat memandikan burung pada malam hari adalah, untuk memancing kondisi tubuhnya menjadi lebih sejuk dan dingin sehingga birahi bisa terpancing. Setelah mandi, burung bisa diangin-anginkan, apabila ia teler, segera tutup dengan kain kerodong.

2. Memberikan Extra Food
Extra food untuk burung ini sebenarnya bermacam macam, mulai dari cacing, kroto, jangkrik, buah-buahan seperti pisang, apel, dan pepaya.

Untuk bisa meningkatkan birahi burung ini, jangkrik merupakan salah satu makanan yang bisa paling tepat. Sangat bagus juga bila ditambah dengan pemberian multivitamin OrBird, karena berkhasiat menjadikan burung performanya semakin bagus.

Anda bisa memberikan beberapa ekor jangkrik untuk burung tersebut setidaknya 10 setiap hari.
Selain memberikan makanan ekstra berupa jangkrik, anda juga bisa menselang-selingkannya dengan buah-buahan.