Perawatan Anis Merah Mabung

Advertisement
Advertisement
Cara merawat burung Anis Merah yang mabung atau biasa juga disebut dengan ngurak yaitu sebuah proses pergantian bulu dari yang lama dan tua diganti dengan bulu yang baru, muda dan segar serta lebih bersih.

anis merah mabung

Proses pergantian bulu tersebut harus diberikan perhatian khusus karena bisa mempengaruhi banyak hal kepada burung itu sendiri paska pergantian bulu.

Mabung pada burung Anis Merah
Beberapa fakta penting tentang proses pergantian bulu tersebut yang harus anda ketahui diantaranya adalah,

Mabung atau pergantian bulu secara total biasanya akan berlangsung selama 1 bulan.
Pada saat mabung membutuhkan stamina ekstra Sehingga anda sebagai pemiliknya harus menyediakan makanan dan minuman dalam jumlah yang cukup. namun tidak disarankan untuk memberikan makanan ekstra seperti jangkrik karena dapat meningkatkan birahi nya. pemberian makanan ekstra berupa jangkrik dapat menghambat proses penggantian bulu sehingga harus di stop untuk sementara waktu.

Merawat Anis Merah yang sedang mabung
Setelah anda yakin bahwa burung Anis Merah yang anda miliki sedang mabung atau melakukan pergantian bulu, beberapa hal berikut ini harus anda terapkan di antaranya adalah,

Berhenti memberikan jangkrik untuk sementara waktu agar proses pergantian bulu bisa berjalan lebih lancar.

Bila perlu, berikan suplemen dan vitamin tambahan untuk memperlancar proses mabung, yaitu dengan obat herbal OrBird.

Berhenti menjemur burung.
Kurangi jumlah pemberian kroto maksimal sekali dalam 3 hari.
Berikan makanan berupa power dan minuman lebih banyak dari biasanya untuk menjaga stamina.
Selalu tutupi kandang burung tersebut dengan menggunakan kerodong.
Bersihkan sangkar burung setiap hari dari bulu bulu yang jatuh.
Hentikan proses pemandian burung menggunakan semprotan namun anda harus menggantinya dengan metode bak mandi dan tidak memaksanya untuk mandi. biarkan burung tersebut sendiri yang memilih apakah ia mau mandi atau tidak.
Tempatkan kandang burung di lokasi yang tenang dan bebas dari gangguan burung burung lain atau suara suara termasuk juga suara burung lainnya.
Jika 80 persen atau 90 persen bulu bulu sudah rontok, anda bisa kembali memberikan kroto 1 x sehari.

Masalah saat dan setelah mabung
Beberapa masalah yang terkadang muncul setelah burung melakukan pergantian bulu diantaranya adalah. Pergantian tidak 100 persen.
Bulu tidak tumbuh di bagian tertentu seperti pada bagian leher atau yang lainnya.
Burung tidak mau berkicau atau macet.

Solusi untuk ketiga masalah di atas adalah dengan melakukan pemasaran atau mendengarkan suara burung melalui audio pada saat proses mabung berlangsung. pemilihan suara master yang tepat yaitu Master yang sesuai dengan karakter suara dari burung yang sedang mabung. dan ingat, jangan memperdengarkannya terlalu keras sehingga merusak konsentrasi burung.
Kurangi pemberian kroto dan hentikan pemberian makanan extra atau extra food seperti jangkrik hingga proses mabung selesai.

Ok, cukup sampai di sini dulu ulasan mengenai anis merah yang sedang dalam masa mabung kali ini, simak juga artikel tentang anis sebelumnya yang tak kalah keren, yaitu tentang: "suara anis merah" dan "cara membuat anis merah teler".