Cara Jitu Agar Anis Merah Gacor

Advertisement
Advertisement
Membuat agar burung Anis Merah menjadi gacor atau rajin berkicau tidaklah terlalu sulit apabila anda menerapkan beberapa tips dan trik yang akan kami sampaikan berikut ini. Sebelum kita mulai membahas tentang tips dan trik cara membuat agar Anis Merah menjadi gacor, anda terlebih dahulu diharuskan untuk menyiapkan bibit burung yang memang sehat, memiliki karakter suara yang kuat dan mendapatkan perawatan yang tepat.

anis merah gacor

Secara umum, untuk memiliki burung Anis Merah yang gacor anda diharuskan memiliki bibit yang unggul, memberikan perawatan yang tepat mulai dari makanan, perlakuan setiap hari, serta proses pemasteran juga sangat penting.

Agar Anis Merah Gacor
Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda ikuti sebagai panduan untuk membuat burung peliharaan anda semakin gacor dan bisa diikutkan kedalam lomba.

1. Memilih Bibit
Tidak semua burung Anis Merah bisa gacor. Sebelum anda mulai mengembangbiakan burung tersebut atau menjadikan salah satunya sebagai gacoan anda, ada baiknya anda melakukan seleksi terlebih dahulu, diantaranya adalah dengan memilih jenis ‘kelamin jantan’ karena biasanya burung dengan kelamin jantan bersuara lebih oke dibandingkan dengan yang betina.

2. Perawatan
Kita akan memulai dari perawatan burung agar tetap sehat dan stabil.
  • Pada pagi hari sebelum dimandikan, burung sebaiknya diangin-anginkan terlebih dahulu selama 30 menit. Selanjutnya, Burung bisa dimandikan selama setengah jam atau 1 jam. Kemudian dijemur selama 2 jam.
  • Setelah dijemur, burung sebaiknya diangin-anginkan kembali selama 15 atau 30 menit.
  • Saat anda mengangin-anginkan dan menjemur burung, sebaiknya perhatikan kondisi lingkungan. Kondisi lingkungan atau tempat yang itu-itu saja akan membuat burung menjadi bosan, enggan untuk berkicau, dan akan muncul masalah lainnya termasuk juga stres. Untuk menangani masalah tersebut, anda bisa mengakalinya dengan menempatkan burung tersebut di tempat-tempat yang berbeda setiap saat. Misalnya, pada saat anda mengangin-anginkannya anda bisa meletakkan di depan rumah, kemudian menjemurnya di samping rumah, dan kembali mengangin-anginkannya di belakang rumah atau di tempat-tempat yang lain. Dengan demikian, maka burung tidak akan menjadi mudah stres, memiliki lingkungan yang bervariasi dan memberikannya semangat untuk selalu berkicau.
  • Burung setidaknya bisa dimandikan 2 kali dalam sehari. Misalnya, pagi dan sore hari atau pagi dan malam hari.

3. Pemberian Makan
Setelah anda merawat dan memberikan aktivitas yang tepat serta benar kepada burung, selanjutnya anda juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh burung Anis Merah.
Pemberian makan yang tepat juga dapat mempengaruhi burung menjadi gacor atau tidak.
Biasanya, anda harus memberikan variasi makanan yang seimbang mulai dari makanan utama berupa voer berkualitas, kemudian tambahkan extra food bisa berupa jangkrik, buah-buahan seperti pepaya atau apel, atau anda juga bisa memberikan variasi kroto dan cacing tanah.

Pemberian makanan ekstra tidak boleh terlalu banyak karena dapat menyebabkan beberapa masalah. Misalnya, terlalu banyak memberikan jangkrik hal tersebut dapat menyebabkan birahi meningkat dengan pesat. Birahi burung yang tinggi dan tidak disalurkan akan menyebabkan burung menjadi stress kemudian tidak mau berkicau.

Berikan vitamin tambahan untuk meningkatkan performa burung, salah satu obat dan vitamin yang bagus adalah OrBird.

4. Mastering
Selain faktor faktor diatas, proses pemasteran juga dapat mempengaruhi apakah burung bisa menjadi gacor atau tidak.

Proses mastering atau memperdengarkan suara burung asli atau burung-burung kecil lainnya atau dengan menggunakan audio seperti MP3 merupakan metode untuk memancing agar burung memiliki isian yang lengkap dan keren (download: suara anis merah). Proses pemasteran bisa dilakukan setiap hari, mulai dari setelah mandi dan diangin-anginkan hingga sore hari.

Selain merawat anis merah agar semakin gacor, bila ada tanda-tanda kebotakan pada bulunya, maka anis merah tersebut mulai proses mabung, sehingga perlu juga perawatan saat mabung, (baca juga: perawatan anis merah mabung).