Ciri-Ciri Anis Kembang Jantan dan Betina

Advertisement
Advertisement
Membedakan kedua burung, Anis Kembang jantan dan betina memang sedikit sulit karena burung ini merupakan salah satu jenis burung yang masuk ke dalam golongan monomorfik. Artinya bahwa, kedua burung tersebut baik jantan maupun betina sangat sulit dibedakan dan kembar identik. Walau demikian, apabila diperhatikan dengan lebih teliti, kita akan dengan mudah menemukan perbedaan ciri-ciri antara burung jantan dan betina.

anis kembang jantan

Mengenal Anis Kembang
Burung ini banyak ditemukan di Asia Tenggara terutama di Indonesia dan berada di beberapa wilayah seperti Kalimantan, Pulau Jawa dan juga Pulau Bali. Di negara tetanggaburung ini juga banyak ditemukan seperti di, Malaysia, Vietnam, Laos, dan beberapa negara lain seperti India. Bangladesh juga dikenal sebagai negara yang memiliki burung Anis Kembang atau Zoothera Interpres yang dikenal dengan sebutan Anis Cacing atau Punglor Kembang.

Ciri-ciri Fisik Umum Anis Kembang
Untuk memudahkan kita mengenali burung Anis Kembang, berikut adalah beberapa ciri-ciri fisik yang dimiliki oleh burung tersebut.
  • Burung ini memiliki panjang sekitar 16 cm pada saat dewasa.
  • Bulunya berwarna hitam dan terkadang terdapat belang-belang berwarna hitam atau abu-abu. Namun beberapa burung yang lain terkadang memiliki warna kecoklatan.
  • Bagian tengkuk dan bagian mahkota memiliki warna coklat kemerah-merahan.
  • Sedangkan pada bagian punggung biasanya berwarna hitam atau abu-abu gelap.
  • Burung ini memiliki sayap, ekor, dan dada yang berwarna hitam.
  • Khusus bagian sayap biasanya terdapat bulu putih yang sangat mencolok diantara bulu-bulu yang hitam.
  • Pada bagian sisi kepala atau pada bagian pipi, biasanya, berwarna abu-abu gelap dengan tanda-tanda putih.
  • Pada bagian perut, burung ini berwarna putih dengan totol berwarna hitam serta abu-abu.
  • Ekornya pendek seperti burung kebanyakan.

Membedakan Anis Kembang Jantan dan Betina

1. Perbedaan Suara
Pejantan biasanya memiliki suara yang lebih bervariasi dan lebih jernih karena digunakan untuk menarik perhatian betina (simak: suara anis kembang jantan). Sebaliknya burung betina biasanya memiliki suara yang sedikit monoton.

2. Perbedaan fisik
a. Mata
Burung jantan memiliki kelopak mata yang sedikit menonjol, berbeda dengan mata betina yang terkesan lebih datar.

b. Warna
Warna bulu jantan tampak lebih gelap (pekat) dan mengkilat dibandingkan dengan warna bulu betina yang terkesan lebih ke abu-abu dan terlihat lebih terang serta tidak mengkilat.

c. Kaki
Saat bertengger, seperti kebanyakan burung lainnya, kita akan dengan mudah melihat perbedaan jarak antar kaki. Betina biasanya memiliki jarak antara kaki yang lebih lebar dibandingkan dengan burung jantan.

3. Kebiasaan
a. Suara
Burung jantan suka memperdengarkan suaranya yang merdu dan gacor untuk menarik perhatian betina. Sedangkan burung betina biasanya membalas dengan pasif.

b. Tingkah
Burung jantan apabila bertemu dengan pejantan lainnya akan langsung menegakkan kepala menandakan bahwa ia dalam sikap waspada.
Sedangkan betina apabila bertemu dengan pejantan yang merayunya, maka ia akan menggetarkan sayapnya sebagai respon.