Cara Agar Anis Kembang Gacor

Advertisement
Advertisement
Burung Anis Kembang yang gacor merupakan impian hampir semua pencinta burung. Namun tidak semua burung jago dalam berkicau atau gacor. Agar bisa membuatnya gacor dan rajin berkicau dan nge-roll, dibutuhkan kiat-kiat khusus dan perawatan spesial serta pengetahuan seputar burung itu sendiri.

anis kembang gacor

Cara Agar Burung Anis Kembang Gacor

Makanan
Salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam pengembangbiakan burung Anis Kembang agar gacor adalah makanan yang diberikan setiap hari.
Seperti yang banyak kita tahu bahwa, makanan utama dari burung ini adalah Voer. Namun tidak bisa dipungkiri juga bahwa ada banyak Voer berkualitas rendah. Dengan demikian, sudah sepatutnya bagi anda pemilik burung untuk memberikan Voer dengan kualitas terbaik agar burung bisa gacor.

Extra Food
Banyak breeder pemula melakukan kesalahan pada saat memberikan ekstra food. Banyak diantara mereka yang mengganggap bahwa pemberian extra food dalam jumlah yang tidak terbatas akan memancing burung menjadi lebih gacor. Namun sebenarnya kebanyakan hasilnya justru menjadi kebalikannya.

Memberikan terlalu banyak extra food seperti jangkrik dan tidak memperhatikan memvariasikannya dengan makanan lain yang berasal dari buah-buahan akan mendatangkan beberapa masalah, diantaranya adalah, birahi burung akan menjadi terlalu tinggi dan menyebabkannya tidak stabil.
Untuk bisa memiliki burung Anis Kembang yang gacor, sebaiknya anda tidak terlalu banyak memberikan makanan ekstara tersebut dan mempertahankan agar burung tetap langsing (fit).
Beberapa breeder menyarankan untuk menghindari Ulat Hongkong terutama jika anda menginginkan burung yang rajin berbunyi.

Vitamin
Vitamin memiliki peranan yang sangat penting dalam menjadikan tubuh burung tetap sehat dan bisa tampil prima. Namun bukan berarti harus memberikan segala jenis vitamin, cukup dengan memilih vitamin terbaik yang kompleks dan bermanfaat untuk menjaga, mencegah, dan mengobati segala penyakit. Salah satu vitamin yang bagus untuk dijadikan vitamin pilihan adalah OrBird.

Perlakuan
Burung jenis ini harus diperlakukan secara spesial karena ia sangat mudah merasa bosan dan stres. Jika burung ini bosan, beberapa masalah yang terkadang muncul di antaranya adalah, burung akan berhenti berkicau atau macet.
Dengan demikian, anda diharuskan untuk memberikan variasi lingkungan mulai dari, menempatkan burung di tempat-tempat yang berbeda pada saat mengangin-anginkan, menjemur di pagi dan sore hari. Dengan cara tersebut diharapkan burung tidak merasa bosan.

Perawatan
Perawatan terbagi menjadi dua yaitu, perawatan terhadap burung dan perawatan terhadap tempat tinggalnya atau kandang (sangkar).
Perawatan burung di mulai dari, mengangin-anginkannya setiap pagi, kemudian memandikannya selama 1 jam. Lalu mengangin-anginkannya kembali dan menjemurnya selaman 1 atau 2 jam.
Burung harus dimandikan 2 atau 3 kali dalam sehari, namun dianjurkan 2 kali, baik itu pagi dan sore hari, atau pagi dan malam hari.
Selanjutnya, kebersihan kandang juga harus menjadi prioritas. Kandang atau sangkar harus dibersihkan setiap hari pada saat burung mandi. Gantilah air dan bersihkan kotoran burung secara rutin.

Mastering
Faktor lain yang bisa mempengaruhi Anis Kembang gacor adalah proses mastering. Proses memperdengarkan suara burung asli (mastering) baik itu yang sejenis atau yang lainnya merupakan kegiatan yang tidak boleh dilupakan (simak: suara anis kembang).

Anda bisa melakukannya dengan menggunakan burung asli atau memperdengarkan audio burung maupun binatang lain seperti jangkrik.
Selama proses pe-master-an, sebaiknya diletakkan di dalam sangkar yang tertutup atau dikerodong.

Dengan menerapkan langkah langkah diatas, maka kemungkinan besar burung yang anda pelihara akan menjadi gacor. Bagi anda yang menginginkan burung gacor, sebaiknya memelihara mulai dari anakan agar lebih mudah men-setting-nya.

Merawat anis kembang memang butuh proses dan kesabaran agar menjadi semakin bagus kualitasnya, bagi sobat penghobi anis kembang pemula, mungkin artikel yang berjudul "perawatan anis kembang" bisa bermanfaat.