Cara Agar Burung Murai Batu Menjadi Gacor

Advertisement
Advertisement
Tujuan utama memelihara burung, misalnya Murai Batu (MB) tentu saja untuk mendengarkan kicauannya selain untuk menikmati keindahan bulunya dan tingkah lakunya yang lucu dan menyenangkan.

Namun, masalahnya burung yang dipelihara apabila tidak dilatih maka akan kesulitan untuk menjadi lihai dalam berkicau (gacor). Dalam arti mereka kesulitan untuk mengeluarkan kemampuan terbaik mereka dalam berkicau.

murai batu gacor

Bagi anda yang pemula dan belum memiliki pengalaman sama sekali dalam memelihara dan memaster burung seperti MB, beberapa petunjuk berikut ini mungkin bisa anda ikuti agar lebih mudah dan bisa anda sesuaikan dengan pengetahuan yang anda miliki serta waktu yang anda miliki.

Cara Membuat Murai Batu Gacor

1. Makanan
Ada beberapa faktor yang dapat membuat Murai Batu lebih mudah berkicau dan salah satunya adalah makanan yang diberikan. Beberapa makanan yang mengandung banyak gizi serta manfaat untuk suara burung ini diantaranya adalah,
  • Belalang hijau
  • Jangkrik
  • Kroto
  • Cacing
Keempat makanan diatas merupakan makanan extra yang tidak selalu diberikan setiap hari. Namun, apabila anda memiliki stock berlimpah, anda bisa memberikan burung makanan tersebut secara rutin, namun dalam porsi yang tidak terlalu banyak.

Makanan-makanan tambahan untuk burung bisa berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Tergantung dari selera masing-masing burung. Terkadang, ada burung yang tidak menyukai makanan tertentu, sehingga, anda terlebih dahulu harus menguji coba burung tersebut dengan memberikannya beberapa pilihan makanan.

Tambahkan vitamin alami OrBird, ini sangat efektif dalam membantu menjadikan murai semakin senang berkicau alias gacor.

2. Menggunakan Master
Master yang dimaksud adalah burung asli seperti Lovebird, Kenari, atau burung yang lain yang terkenal gacor dan suka berkicau. Burung-burung tersebut bisa anda letakkan berdekatan dengan burung MB agar burung yang akan anda latih bisa terpancing untuk ikut bersuara.

3. Perlakuan Alami
Selain menggunakan metode diatas, perlakuan alami untuk burung juga bisa memancing agar ia lebih gacor dan senang berkicau. Salah satunya adalah dengan menempatkan burung tersebut di pepohonan. Misalnya anda bisa memandikan burung di pagi hari kemudian gantung burung tersebut di pepohonan sambil menjemurnya setiap pagi. Metode tersebut merupakan metode alami yang akan membuat burung merasa seperti di alam liar sehingga terpancing untuk berkicau.

4. Manfaatkan Burung Betina
Cara lain untuk memancing agar MB menjadi lebih mudah dalam berkicau adalah dengan menggunakan burung Murai Batu betina.
Tujuannya adalah apabila pejantan sudah memasuki masa kawin dan sedang dalam birahi, biasanya mereka akan mencoba menarik perhatian betina dengan kicauannya.

5. Memperdengarkan Audio
Di waktu-waktu tertentu, disaat burung sedang tenang dan tidak terlalu agresif, anda bisa memanfaatkan audio master untuk diperdengarkan kepada MB agar otaknya bisa merekam suara-suara baru.

Sekian tips membuat murai batu agar semakin gacor, silahkan baca juga tips tentang cara merawat murai batu yang semoga juga bermanfaat bagi sobat semua.