Tips Agar Burung Kenari Selalu Sehat dan Bagus / Merdu Suaranya

Advertisement
Advertisement
Buat sobat semua yang hobi memelihara burung kicauan khususnya kenari, maka sudah umum bila menginginkan agar kenari kesayangannya selalu tampil prima, sehat, dan memiliki kualitas suara yang bagus. Untuk menggapai itu, tentunya sang pemilik tidak akan berdiam diri membiarkan kenarinya hanya sekedar makan dan minum saja, tetapi ada hal-hal lain yang juga mendukung kenari agar selalu fit dan memiliki suara yang merdu (download: suara kenari).

Memelihara burung kenari atas dasar hobi, maka tentu akan terasa sangat menyenangkan, apalagi semakin hari kualitas kenari itu semakin bagus. Merawat burung kenari berbeda dengan merawat burung merpati, merawat kenari diperlukan usaha yang lebih keras agar kenari bisa semakin bagus, serta yang terpenting juga adalah sang pemilik tidak boleh bosan, dan harus selalu sabar dan konsisten memberikan perawatan terbaik.

kenari bagus

Mengingat harga kenari semakin tahun kian meningkat, maka tentu juga akan menjadikan prospek memelihara burung kenari akan semakin bagus, sehingga tak sedikit dari sobat kenari mania yang awalnya hanya sekedar hobi memelihara burung kenari sebagai burung peliharaan biasa di rumah, kemudian seiring berjalannya waktu karena telah memiliki banyak pengalaman, akhirnya turut banting setir menjadikan kenari sebagai burung ternak yang tentunya dibudidayakan.

Lalu bagaimana caranya agar kenari selalu sehat dan memiliki suara yang bagus? kenayamanan menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk menunjang agar kenari selalu sehat, karena bila kenari sudah merasa nyaman maka kemungkinan untuk stres semakin kecil, sehingga bila sudah merasa sehat maka akan mendukung kenari itu untuk senang berkicau, serta ditambah dengan pakan-pakan yang berkualitas pula, maka akan semakin membuat kualitas suaranya menjadi lebih bagus.

Adapaun informasi selengkapnya mengenai tips agar kenari sehat dan bagus suaranya, bisa anda simak berikut ini.

1. Jaga kebersihan kandang
Kandang yang bersih menjaidkan kenari merasa nyaman berada di dalamnya, karena kandang yang bersih akan jauh dari kuman-kuman, bakteri, dan lain-lain yang bisa menyerang tubuh kenari. Sehingga kenari akan terjaga kesehatannya serta merasa nyaman.

2. Sediakan air bersih
Ganti air di dalam kandang setiap hari, dan pilihlah air yang berkualitas, yaitu bersih dan jernih. Bila perlu berikan air yang sudah dimasak, agar bakteri di dalamnya mati. Dengan meminum air yang bersih, tentu akan mendukung kualitas suara yang jernih dan merdu.

3. Berikan pakan yang bermutu
Berikan pakan biji-bijian yang disukai burung kenari, diantaranya adalah: biji millet, niger, canary seed, dan lain sebagainya. Selalau ganti pakan yang baru, bila kondisi pakan lama sudah kusam, dan bila membeli pakan di pasaran, maka boleh pilih yang murah asal tidak murahan.

4. Tambah pakan EF dan mutivitamin yang cukup
Memberikan pakan pokok memang wajib, tapi agar gizi kenari lebih tercukupi maka tentu harus diberikan pakan tambahan yang mengandung nutrisi tinggi. Dengan adanya pakan tambahan juga dapat membuat kenari tidak merasa bosan dengan pakan hariannya, karena pakannya lebih variatif dengan tambahan extra fooding. Selain itu juga berikan buah-buahan atau sayuran yang kaya akan vitamin, atau boleh juga memberikan obat alami yang mengandung vitamin tertentu untuk menjaga kesehatan tubuh kenari agar lebih kebal dari serangan penyakit. Ada beberapa vitamin dan suplemen tambahan yang sangat efektif dalam membantu menjadikan kenari lebih berstamina dan memiliki suara yang semakin bagus kualitasnya, salah satunya yaitu: OrBird.

5. Jemur di waktu yang tepat
Jangan sampai membiarkan kenari berjemur saat diatas jam 10 sampai jam 3 sore, bila ini dibiarkan maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan kenari. Sebaiknya lakukan penjemuran pagi hari jam 7 sampai jam 8 atau 9, kemudian sore hari jam 3 sampai jam 4.

6. Hindarkan dari angin malam
Jangan sampai membiarkan kenari di luar ketika malam hari, dan sebaiknya kerondingi agar kenari tidak kedinginan. Kontak langsung dengan angin malam bisa berdampak buruk bagi kesehatan kenari, sehingga lebih bagik masukkan ke dalam rumah.

Mungkin itu saja sharing informasi kali ini mengenai tips membuat burung kenari selalu sehat dan bisa berkicau bagus, semoga artikel ini dapat menambah secercah wawasan buat sobat kenari mania. Apabila sobat memelihara burung kicau lovebird, maka coba juga untuk membaca artikel yang telah kami terbitkan sebelumnya seputar cara agar lovebird semakin gacor, semoga bermanfaat.