Penyebab Telur Burung Kenari Menjadi Lembek

Advertisement
Advertisement
Menangkar burung kenari memang ada tidak selalu dianggap enteng atau hanya sekedar memberi pakan, memandikan, dan menjodohkan, tetapi ada kalanya juga sang penangkar menemui permasalahan yang aneh, apalagi bagi penangkar kenari pemula. Jika menemui masalah pada kenari kesayangan, maka tentu yang harus dilakukan oleh penangkar adalah segera mengatasinya agar permasalahan yang dialami tidak semakin memburuk.

Bahkan ada juga yang menganggap bahwa itu cuma permasalahan kecil, namun justru itu jika dibiarkan akan menjadi lebih besar. Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh penangkar kenari pemula adalah kenari indukan yang mengalami hal aneh, yakni telurnya lembek. Apalagi jika sudah lembek dan menempel di dalam dan tidak mau keluar, maka hal ini jika dibiarkan bisa menjadi masalah serius bagi kenari itu sendiri, bahkan bisa juga berujung kematian.

kenari mengerami telur

Lalu apa yang menjadi penyebab utama telur kenari itu lembek? penyebabnya adalah karena kenari indukan tersebut kekurangan kalsium. Maka dari itu, jauh-jauh hari hal yang demikian ini harus diantisipasi dengan melakukan pencegahan, salah satunya yakni memberikan kalsium yang cukup pada masa penjodohan hingga kenari itu telah bertelur 1 buah. Dengan begitu kebutuhan kalsium tercukupi, dan telur yang dihasilkan akan normal . Lebih bagus pula bila diberikan suplay vitamin tiap 3-4 kali seminggu. Berikan OrBird sebagai multivitamin tambahan yang tepat untuk kenari, agar kenari tetap fit dan reproduksinya lancar.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai penyebab telur kenari yang lembek, semoga apa yang kami sajikan kali ini bisa menambah wawasan bagi anda. Jangan lupa juga untuk mampir membaca artikel sebelumnya tentang suara kenari.