Penyebab Terganggunya Proses Perkawinan / Pembuahan Pada Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Pada umumnya sebagian besar penangkar burung kenari menganggap bahwa menangkar kenari cukup mudah, tetapi tak sedikit pula penangkar kenari pemula yang beranggapan bahwa menangkar kenari itu sangat sulit. Dalam merawat dan mengembangbiakkan kenari memang diperlukan proses, sehingga perlu juga kesabaran dan ketelatenan dalam memberikan perawatan terbaik serta usaha yang tepat demi perkembangbiakan kenari yang lebih baik.

Terkadang sebuah permasalahan yang dirasa berat membuat penangkar kenari merasa kesusahan dan tentunya akan membuatnya mengeluh. Tetapi jika penangkar kenari terus berusaha untuk mengatasinya, maka nantinya akan semakin handal dan berpengalaman karena mengambil pe;ajaran dari setiap permasalahan yang dihadapi.

perkawinan kenari

Selain itu, sebelum anda menemui permasalahan yang terjadi yang dialami oleh kenari kesayangan anda, maka sebaik mungkin anda harus memberikan perawatan terbaik untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya sebuah permasalahan. Dan pada kesempatan kali ini kami akan mengulas seputar permasalahan pada proses perkawinan.

Umumnya permasalahan yang terjadi pada kenari diantaranya adalah kenari sakit, kenari stres, kenari sulit jodoh, dan lain sebagainya. Namun, sampai pada proses perkawinan pun mungkin anda menjumpai kenari indukan yang anda miliki mengalami kegagalan dalam pembuahan, sehingga akhirnya tidak mampu menghasilkan telur dan anakan yang diharapkan.

Maka dari itu, sebagai penangkar kenari anda juga harus mengetahui beberapa penyebab yang dapat mengganggu proses perkawinan atau pembuahan. Adapun penyebabnya bisa anda ketahui berikut ini.

  • Adanya faktor pengganggu dari luar seperti: kucing, tokek, cicak, kadal, kucing, dan lain sebagainya. Tentu hal ini akan membuat indukan kenari merasa tidak nyaman untuk melakukan perkawinan, sehingga bisa menjadikan batal atau tidak jadinya proses pembuahan.
  • Tangkringan yang goyah membuat kenari semakin sulit untuk melakukan perkawinan. Jadi, anda harus periksa dan ganti dengan tangkringan yang kokoh agar kenari tidak kesulitan melakukan perkawinan di atas tangkringan tersebut.
  • Adanya bulu-bulu tebal dan lebat di sekitar kloaka. Ini merupakan hal yang perlu diatasi, karena dapat menyulitkan kenari pada proses pembuahan (baca: tips mencukur bulu kenari di sekitar kloaka).
Itulah beberapa penjelasan dan poin-poin mengenai penyebab yang dapat mengganggu proses perkawinan oleh sepasang burung kenari. Semoga informasi yang kami smapaikan kepada anda ini dapat berguna untuk usaha ternak kenari yang anda jalani. Sebelumnya kami juga telah menulis seputar permasalahan kenari lainnya yang bukan seputar proses perkawinan, melainkan pada hasil dari perkawinan itu sendiri yakni tentang suara kenari.