Inilah Dampak Dari Memisahkan Burung Kenari Jantan Dengan Betina

Advertisement
Advertisement
Setiap pengalaman dari penangkar kenari satu dengan yang lainnya tentu berbeda, jika mengamati dan meneliti secara mendalam mengenai perbedaan tersebut, maka akan menghasilkan teori dan praktek yang lebih mumpuni. Mengapa tidak, semakin sang penangkar itu mengetahi banyak hal mengenai ternak kenari, maka semakin handal pula dalam beternak, karena berbagai ilmu sudah dimiliki (baca juga: suara kenari).

Salah satu pengalaman yang cukup berharga dari beberapa penangkar berpengalaman yaitu dengan tidak memisahkan kenari jantan dengan betinanya mulai dari proses perkawinan hingga sama-sama membesarkan anakannya. Dan sebagian besar penangkar kenari di Indonesia ini memang berusaha untuk memisahkan kenari jantan dari betina ketika selesai bertelur atau juga setelah mengerami. Kebanyakan memang berpendapat bahwa hal ini dilakukan untuk menjaga stamina kenari jantan agar tetap bagus, dan alasan lain bisa juga karena pertimbangan akan keuntungan.

kenari jantan dan betina

Memisahkan kenari jantan dari betina karena untuk menjaga performa kenari jantan agar tetap fit sebenarnya memang oke-oke saja, tetapi kasihan juga indukan betinanya yang merawat anakannya sendirian, yakni pada saat meloloh anakan, maka meloloh semua anakannya sendirian. Tentu hal ini cukup kasihan kan untuk kenari indukan betina?

Apalagi bila indukan kenari betinanya sudah malas, capek atau sudah tidak sanggup lagi untuk meloloh anakannya, maka akibatnya cukup fatal, yakni berdasarkan pengalaman dari penangkar kenari, bahwasannya ia menemui beberapa anakannya ketika dicek temboloknya ternyata kosong atau tidak ada isi makanan. Bahkan tak sedikit pula anakan yang sekarat disebabkan karena hal tersebut.

Menurut penangkar kenari berpengalaman pula bahwasannya ternak kenari di London cuup berbeda sistem penangkarannya yang tidak memisahkan kenari jantan dengan betina setelah masa bertelur maupun pengeraman, hal ini dilakukan dengan alasan agar indukan jantan dan betina merawat dan meloloh anakannya bersama-sama. Bagaimana, mesra sekali kan?

Di alam bebas memang biasanya indukan kenari jantan keluar untuk mencari pakan (salah satunya pakan: canary seed), sedangkan yang betina tetap di sarang menemani anakannya.

Itulah sedikit ulasan yang dapat kami sampaikan kepada sobat kenari mania seputar memisahkan kenari jantan dari betina, ini berdasarkan pengalaman yang berbeda dari penangkar kenari, semoga informasi ini dapat berguna buat sobat sekalian.