Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kenari yang Tidak Mau Makan / Nafsu Makannya Menurun

Advertisement
Advertisement
Mungkin sebagai penghobi burung kenari, sobat kenari mania pernah menjumpai kenari kesayangannya kok tiba-tiba tidak mau makan. Biasanya bila nafsu makannya sudah menurun atau kehilangan nafsu makan, maka pastinya kenari itu akan males makan dan bahkan tidak mau makan sama sekali. Hal ini tentu membuat sang pemilik semakin merasa khawatir, sehingga butuh pencerahan dan tips untuk mengatasinya.

Memang untuk mengatasi kenari yang mengalami hal demikian harus sesegera mungkin dilakukan, agar tidak terjadi kemungkinan masalah lainnya, semisal: lambungnya infeksi karena lama tidak makan, badannya kurus, bahkan bisa juga sampai pada kematian. Maka dari itu bila sobat kenari mania menemui kenarinya tidak mau makan, naik kenari anakan maupun kenari indukan, maka cepatlah untuk memberikan perawatan (baca juga: suara kenari).


Adapun penyebab kenari anakan yang nafsu makannya menurun biasanya memang bisa dibilang sesuatu yang wajar, karena anakan masih berusaha untuk menyesuaikan dengan kondisi lingkungan, termasuk juga jenis pakan dan pola pakan. Selain itu juga bisa karena sebab dari penyakit, bisa jadi kenari anakan tersebut terinfeksi oleh cacing, virus, kutu, bakteri, maupun bakteri. Sedangkan untuk kenari indukan salah satu penyebabnya biasanya karena penyakit, karena pada umumnya kenari yang sakit akan malas untuk makan.

Sedangkan cara mengatasi kenari anakan yang dikarenakan sedang menyesuaikan diri dengan lingkungan, maka tunggu saja hingga benar-benar normal, dan apabila kenari anakan dan indukan tidak mau makan disebabkan oleh penyakit, maka segera atasi dengan obat-obatan yang baik yang kandungan nutrisinya cukup bagus serta mendukung penyembuhan penyakit yang diderita.

Yang pasti kuncinya adalah mengatasi penyakit yang diderita kenari tersebut, karena bila sudah sembuh maka tentu kenari itu akan mau makan dengan sendirinya, bahkan semakin lahap makan. Adapun rekomendasi obat yang bisa anda berikan, salah satunya yaitu obat kenari bernama OrBird yang terbuat dari bahan alami, sehingga sangat bagus untuk kesehatan kenari.

Demikianlah sedikit sharing seputar penyebab dan tips untuk mengatasi kenari yang kehilangan nafsu makan, semoa apa yang kai sajikan kali ini bisa membantu anda dalam mengobati kenari kesayangan anda. Jangan sampai lupa juga untuk mengunjungi artikel yang mungkin juga penting bagi anda yakni mengenai dampak dari memisahkan kenari jantan dengan betina.