Manfaat Canary Seed Untuk Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Burung kenari merupakan jenis burung kicau yang sangat menyukai biji-bijian, dan ada banyak jenis biji-bijian yang bisa dengan mudah didapatkan di pasar, diantaranya adalah biji niger, biji milet, biji lobak, dan lain sebagainya. Biji-bijian bisa didapatkan berupa biji kemasan, biji buatan sendiri yang dibungkusi oleh pedangang dari hasil menanam di sawah atau ladang, serta juga biji-bijian hasil impor.

Perlu anda perhatikan kualitasnya bila membeli biji-bijian dengan ukuran per kiloan, karena sebanyak itu biasanya masih banyak yang tercampur kotoran, seperti kerikil, tanah kecil, biji-bijian lain, dan sebagainya. Sebaiknya beli biji-bijian kemasan yang berlabel, karena biasanya lebih standar dari kontaminasi kotoran tersebut.

canary seed

Biji-bijian yang berkualitas biasanya ditandai dengan ciri yakni ketika direndam dalam air, biji tersebut tenggelam, sedangkan yang tidak bagus akan mengapung. Mesipun ini bukan terlalu berbahaya untuk kenari, tetapi memberikan pakan terbaik untuk kenari menjadi sebuah alasan yang patut untuk anda lakukan.

Adapun salah satu biji-bijian yang menjadi favorit bagi kenari adalah biji kenari atau canary seed. Biji kenari ini ukurannya cukup kecil, kira-kira sebesar beras, bentuknya lebih gepeng dan runcing. Kulitnya terbilang licin dan gampang terlepas.

Untuk menentukan biji kenari yang bagus biasanya ditandai dengan warna krem agak keabu-abuan, sedangkan yang warna yang abu-abu agak kehitaman isinya lebih padat. Adapun kandungan gizi dalam biji kenari diantaranya adalah protein sebesar 14,4%, lemak 6,4%, dan hidrat arang 55,3%.

Bagi kenari, canary seed adalah biji-bijian yang tidak hanya rasanya enak, tetapi juga kulitnya mudah dilepas dan bijinya mudah dicerna. Begitu juga manfaat canary seed untuk kenari cukup bagus, yaitu menjadikan kenari lebih segar dan berstamina, meningkatkan suara, menjadikan proses pencernaan lebih stabil, dan lain sebagainya (baca juga: suara kenari).

Perlu anda perhatikan pula, yakni bila terlalu banyak memberikan canary seed untuk kenari bisa menjadikannya semakin gemuk. Sehingga perlu adanya selingan pakan EF atau pakan tambahan untuk kenari kesayangan anda, selain agar tidak membosankan juga kebutuhan gizininya lebih terpenuhi.

Demikianlah sedikit info seputar canary seed untuk kenari, semoga informasi ini dapat bermanfaat buat anda. Mungkin anda termasuk kenari mania yang penasaran dengan peternak kenari di malang, maka silahkan simak informasi tentang kenari malang yang telah kami publikasikan sebelumnya.