Cara Ternak Burung Cucak Ijo Dengan Mudah

Advertisement
Advertisement
Selamat malam sobat kicau mania, gimana kabarnya hari ini? semoga sehat selalu dan terus semangat memberikan perawatan terbaik untuk burung kicau kesayangan yang dimilik. Tahukah sobat kicau mania, bahwasannya burung cucak ijo tergolong dalam burung kicau yang saat ini sedang naik daun, dan semakin banyak penggemarnya.

Tidak sedikit dari sobat kicau mania yang memelihara cucak ijo sebagai opsi burung favorit, selain karena sebagian besar berwarna hijau segar dan kicauannya yang merdu, juga cucak ijo termasuk burung kicau petarung yang memiliki mental yang bagus, sehingga tak sedikit pula perlombaan burung kicau di setiap daerah yang memasukkan cucak ijo dalam daftar lomba.

gambar cucak hijau

Sebenarnya cucak ijo tidak hanya bagus sebagai burung peliharaan di rumah saja, ataupun sebagai burung lomba, tetapi ternyata banyak penangkar cucak ijo yang berpendapat bahwa cucak ijo prospek ke depannya cukup bagus, sehingga sangat tepat untuk diternak atau dibudidayakan.

Cucak ijo termasuk cukup sulit dalam masalah pemeliharaan serta harganya yang terbilang cukup mahal, tetapi itu tidak masalah bagi para pecinta cucak ijo yang menggemari keunikan yang dimiliki cucak ijo, apalagi semakin banyaknya peminat cucak ijo di pasaran, maka tentunya akan sangat menguntungkan bila ditangkar dan dijual.

Bagi sobat pecinta cucak ijo yang memang pada dasarnya sudah hobi merawat cucak ijo, maka tentu sangat tepat bila hobi tersebut dilanjutkan untuk bisnis, karena tentu hal ini akan menjadi aset yang berharga untuk ke depannya bagi sobat sekalian. Namun, tentu dalam beternak cucak ijo diperlukan kesabaran yang lebih ekstra serta ketelatenan dan ketekunan dalam merawatnya, mulai dari pemberian pakan, perjodohan, dan lain sebagainya.

Bagi sobat yang berminat untuk ternak cucak ijo, maka berikut kami sajikan untuk anda mengenai tips beternak burung cucak ijo:

1. Tips Memilih Indukan Cucak Ijo Yang Tepat
Pertama kalinya anda harus mencari dan memilih indukan cucak ijo yang bagus dan berkualitas karena indukan cucak ijo yang bagus tentu nantinya akan mampu menghasilkan keturunan atau anakan yang bagus pula. Adapun beberapa tips memilih cucak ijo indukan yang berkualitas bisa anda simak berikut:
  • Indukan cucak ijo jantan usianya sekitar 2 tahun, sedangkan yang betinya usia sekitar 1 tahun.
  • Syarat utama adalah cucak ijo harus sehat dan berstamina, jangan pilih cucak ijo yang penyakitan.
  • Untuk cucak ijo jantan, sebaiknya pilihlah yang rajin gacor.
  • Tidak ada tanda-tanda kecacatan pada fisik cucak ijo.
  • Badan cucak ijo harus besar dan seimbang.
  • Pilihlah jenis cucak ijo sesuai minat anda (lihat: jenis cucak ijo).
2. Tips Penjodohan Cucak Ijo
Pada proses penjodohan ini biasanya cukup sulit, apalagi bagi sobat yang masih pemula, maka tentu harus tahu tips-tipsnya. Adapun beberapa tips yang bagus untuk proses penjodohan cucak ijo bisa anda lihat berikut:
  • Masing-masing cucak ijo jantan dan betina, taruh di dalam sangkar yang berbeda.
  • Kemudian dekatkan antar kandang, jangan campur terlebih dahulu.
  • Tunggu hingga terjadi reaksi kedua cucak ijo tersebut, bila sudah terlihat akur dan cocok maka selanjutnya bisa anda campur jadi satu dalam sangkar.
  • Untuk mengetahui cocok atau tidaknya bisa ditandai dengan cucak ijo jantan yang terus berkicau, dan yang betinya meresponnya. Adapun tanda bila tidak cocok adalah salah satunya cuek dan menjauh atau tidak mau merespon salah satu kicauan.
3. Tips Seputar Kandang Cucak Ijo
Sebaiknya cucak ijo taruh di dalam kandang yang agak luas, sehingga lebih nyaman untuk tempat tinggal mereka. Adapun beberapa tips seputar kandang untuk cucak ijo bisa anda simak infonya berikut ini:
  • Sebaiknya tinggi kandang sekitar 2.5 meter, sedangkan untuk ukuran lebarnya sekitar 3 meter.
  • Tambahkan pohon kecil dalam kandang, sehingga membuat kandang lebih rindang. Adapun jenis pohon yang bisa menjadi opsi untuk dimasukkan dalam kandang diantaranya adalah phon mangga, sawo, belimbing, dan lain-lain.
  • Dalam kandang harus tersedia tempat pakan dan minum.
  • Berikan juga tangkringan.
  • Tidak lupa juga keramba untuk mandi.
  • Adapun sarang bisa anda berikan serabut yang tepat, bisa serabut kelapa, daun-daun kering, dan lain sebagainya.
4. Tips Memberikan Pakan Harian Yang Baik Untuk Cucak Ijo
Pakan merupakan kebutuhan pokok yang paling penting untuk cucak ijo, dengan memberikan pakan yang berkualitas maka tentu akan membuat cucak ijo menjadi sehat selalu, merasa senang, bahkan bisa membuatnya semakin gacor. Adapun jenis pakan yang bisa diberikan ada bermacam-macam, diantaranya adalah voer, serangga, cacing, sayur-sayuran, buah-buahan, dan lain sebagainya. Yang penting kebutuhan gizi cucak ijo terpenuhi dengan adanya pakan yang mengandung gizi tinggi seperi: protein, karbohidrat, vitamin, lemak, kalsium, mineral, dan lain sebagainya. Sangat disarankan dengan menambah suplemen dan multivitamin terbaik yang terbuat dari bahan-bahan alami, bisa anda pilih OrBird yang kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan burung kicau.

5. Tips Perawatan Pada Masa Pengeraman
Pada masa pengeraman ini sebaiknya taruh cucak ijo pada lingkungan yang kondisional, maksunya ialah lingkungan yang tenang dan nyaman, jauh dari ganguan binatang, dan lalu lalang kendaraan maupun manusia. Umumnya proses pengeraman ini paling lama sekitar 2 minggu, dan dalam kondisi ini jangan berikan pakan EF yang bisa membuatnya lebih agresif, sehingga tidak bagus untuk hasilnya. Disarankan ketika 2 hari setelah telur menetas, maka berikan kroto buat indukan untuk meloloh anakannya. Kroto mengandung protein yang tinggi dan tentunya bagus untuk anakan cucak ijo yang masih kecil.

6. Tips Perawatan Pada Saat Indukan Sudah Waktunya Meloloh Anakannya
Bila usia anakan sudah mencapa sekitar 5 sampai 10 hari, maka boleh untuk diambil atau disapih dan diloloh oleh sang pemilik atau anda sendiri. Bila usia sudah mencapai 15 hari ke atas, maka sudah bisa juga diberikan pakan berupa jangkrik, ini tentu untuk mendukung anakan agar cepat tumbuh dewasa dan lebih terjaga kesehatannya.

7. Tips Managemen Untuk Indukan Cucak Ijo
Bila usia anakan sudah mencapai 10 hari, maka bisa diambil semua dan biarkan cucak ijo indukan kembali kawin dan bertelur lagi. Dan pada masa kawain sebaiknya juga berikan EF untuk meningkatkan birahinya, sehingga masa perkawinan bisa lebih sukses.

Itulah beberapa tips seputar beternak burung cucak ijo  yang dapat kami bagikan kepada sobat kicau mania yang berencana untuk membudidayakan cucak ijo sebagai ladang untuk mencari keuntungan, semoga dengan adanya tips-tips diatas dapat menjadikan sobat lebih tahu dan bersemangat untuk beternak cucak ijo.