Manfaat Asinan Tulang Sotong Untuk Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Banyak penangkar kenari yang memberikan asinan tulang sotong sebagai tambahan untuk kebutuhan gizi tertentu pada burung kenari piaraannya. Mungkin sobat penghobi kenari yang belum tahu apa itu tulang sotong? tulang sotong sebenarnya bukanlah tulang, tetapi lebih tepatnya adalah cangkang dari binatang laut sejenis cumi-cumi.

Tulang sotong berwarna putih, dan biasanya mudah ditemukan di daerah pesisir pantai/laut, dikarenakan banyak cumi yang terdapar karena air laut yang pasang, sehingga meninggalkan bekas berupa tulang sotong. Lalu apa  manfaat tulang sotong untuk kenari?

tulang sotong untuk kenari

Tulang sotong mengandung kalsium, iodium, dan mineral yang tinggi, dan tentunya bermanfaat bagi burung kicau terutama kenari. Tidak jauh berbeda dengan artikel sebelumnya yang membahas tentang manfaat grit untuk kenari, tulang sotong juga bermanfaat dalam membantu sistem pencernaan dalam tubuh kenari, terutama bila kenari memakan biji-bijian bersama kulitnya, maka tulang sotong dapat membantu melembutkan kulit dari biji-bijian tersebut.

Kandungan kalsium yang tinggi dalam tulang sotong, tentu dapat bermanfaat untuk memperkuat tulang, memperkuat rahang, dan mengasah paruh kenari. Lalu bagaimana cara memberikan tulang sotong pada kenari? soalnya banyak pula yang telah memberikan tulang sotong pada kenari tapi kok kenari tersebut tidak mau memakannya.

Ada tips khusus dalam memberikan tulang sotong pada kenari, bisa anda simak informasinya berikut:
  1. Pertama coba taruh tulang sotong dengan ditempel di dinding sangkar, biarkan kenari dengan memakan dengan sendirinya.
  2. Bila kenari tidak mau memakannya sekalipun, maka ada cara yang ke dua, yaitu dengan cara menggerus tulang sotong yang lunak, kemudian mencampurnya dengan pakan kenari / biji-bijian yang anda berikan, dan biarkan kenari makan biji-bijian tersebut maka akan bersamaan memakan tulang sotong.
  3. Jika kenari sudah mau memakan tulang sotong bersama dengan pakannya, maka selanjutnya coba tempelkan lagi tulang sotong sebelum di gerus untuk ditempel di dinding sangkar.
Itulah beberapa tips khusus mengenai cara pemberian asinan tulang sotong pada burung kenari.

Demikian sekilas pembahasan mengenai asinan tulang sotong untuk burung kenari, semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua (simak juga: suara kenari)