Ngabuburit (Menunggu Buka Puasa) Bagi Kenari Mania, Enaknya Ngapain Ya?

Advertisement
Advertisement
Terkadang kita tidak sabaran ingin agar waktu buka puasa segera tiba, namun justru saat mengeluh akan membuat waktu terasa semakin lama. Karena sebagian besar orang tahu bahwa ada pepatah "menunggu mesikpun cuma 1 jam terasa 1 tahun lamanya". Itu maksudnya adalah bila kita menunggu sesuatu tentu waktu akan terasa semakin lama, jadi sebaiknya isi waktu yang kosong tersebut dengan hal-hal yang positif, yang umumnya disebut dengan sitilah "ngabuburit".

Setelah tahu ada istilah ngabuburit yang beredar di masyarakat, tetapi selanjutnya bingung enaknya mengisi waktu nagbuburitnya ngapain? Nah, itu pada kesempatan kali ini kami akan berikan sedikit tips ngabuburit buat sobat kenari mania. Bagi sobat yang bukan pecinta burung berkicau, maka kami mohon maaf, karena artikel ini khusus kami berikan kepada para penghobi burung kenari (baca: suara kenari).

ngabuburit dengan kenari

Burung kenari saat ini menjadi burung primadona yang digemari oleh sebagian besar kicau mania di Indonesia. Maka dari itu, sudah bukan hal yang asing lagi bila merawat burung kenari, karena sudah banyak pula komunitas kenari mania di setiap daerah yang pada even-even tertentu akan berkumpul dan sharing seputar burung kenari ataupun hanya sekedar pameran dan meengenalkan kenari satu dengan kenari lainnya.

Bagi kenari mania, ngabuburit akan menjadi moment spesial untuk melakukan kegiatan positif seputar burung kenari. Sebenarnya sangat bagus bila ngabuburit digunakan untuk beramal shalih atau ibadah, seperti: ngaji, berbagi takjil, mengikuti kajian, dan lain-lain. Tetapi bila memang menginginkan hal lain diluar ibadah, maka bagi kenari mania, bergelut dengan kenari merupakan kegiatan yang tepat.

Adapun hal-hal yang positif untuk mengisi waktu ngabuburit bagi kenari mania adalah sebagai berikut:

1. Berkumpul Bersama Komunitas Kenari Mania
Berkumpul bersama komunitas kenari untuk sharing ilmu seputar tips-tips perawatan kenari bisa menjadi momen yang tepat, hal ini akan membuat waktu anda lebih berharga untuk menjadikan anda semakin handal sebagai seorang penangkar kenari, selain berbagi ilmu, juga sisi positif lainnya adalah menjalin sliaturahmi, rasa persahabatan yang kuat antar sesama.

2. Merawat Kenari
Bila memang tidak bisa berkumpul bersama komunitas, maka bisa juga dengan kegiatan perawatan kenari yang tepat atau sesuai waktu di sore hari, diantaranya adalah: memandikan kenari, memberi pakan kenari, mengangin-anginkan kenari, melatih mental kenari, dan memaster kenari. Hal ini bila dilakukan, maka tentu akan membuat kenari menjadi lebih jos lagi.

3. Bisnis Kenari
Berjualan burung kenari, berjualan kenari bisa dilakukan di tempat tertentu yang strategis, termasuk juga pasar burung. Karena waktu ngabuburit, banyak pula kicau mania yang berkumpul di pasar burung, baik hanya sekedar mencuci mata atau melihat-lihat burung kicau, ataupun memang bertujuan untuk membeli burung. Ini tentu selain mengisi waktu luang anda, juga menghasilkan keuntungan buat anda.

4. Mengajak Kenari Jalan-Jalan
Bila biasanya sang pemilik yang jalan-jalan sendirian ataupun bersama teman-temannya, kali ini tidak ada salahnya bila jalan-jalan atau bersepeda ke tempat tertentu, misalnya: perkebunan, persawahan, dan lain-lain. Krena dengan mengajak kenari jalan-jalan, akan membuat kenari merasa lebih fresh bisa melihat kondisi lingkungan yang baru, dan manfaatnya juga baik untuk melatih mental kenari agar bisa dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

5. Ngeblog Atau Berbagi Ilmu Seputar Kenari DI Dunia Maya
Ini buat sobat kenari mania yang mungkin sedang malas untuk keluar, maka dari itu lebih memilih untuk menulis artikel seputar tips penangkaran kenari dan mempublikasikannya di dunia maya, baik melalui blog, forum, atau bisa juga melalui sosial media seperti facebook, twitter, dan lain sebagainya. Ini juga merupakan hal yang positif bagi kenari mania, karena berbagi ilmu yang bermanfaat untuk sobat kenari lainnya yang mungkin membutuhkan informasi seputar tips yang dibagikan itu.

Demikianlah sedikit informasi mengenai mengisi waktu ngabuburit bersama burung kenari peliharaan, semoga hal-hal posistif yang anda lakukan saat bulan puasa, semakin bermanfaat. Sebelumnya, kami juga telah membahas tentang mengisi waktu puasa Ramadhan dengan bermain kenari.