Cara Melakukan Masteran Yang Bagus Untuk Burung Cucak Ijo

Advertisement
Advertisement
Burung cucak ijo atau cucak hijau ini pada umumnya disebut oleh kicau mania dengan singkatan CI atau CH. Selain tampilan fisiknya berwarna serba hijau, karakter suaranya patut diacungi jempol dengan ciri khas suara yang merdu, keras/lantang. Saat ini burung cucak ijo termasuk burung yang banyak diminati oleh kicau mania, karena memang keunikan yang dimiliki cucak iji benar-benar patut diperhitungkan. Terbukti dengan setiap perlombaan burung kicau, perwakilan dari cucak ijo pun tak ketinggalan.

Kicau mania cucak ijo di Indonesia cukup banyak, meski tak sepopuler burung kenari ataupun lovebird, cucak ijo tetap masuk papan atas burung kicau yang banyak penggemarnya. Biasanya kicau mania menginginkan agar burung cucak ijo kesayangannya semakin berkualitas, tampil prima, rajin gacor, dan menjadi jawara. Tetapi untuk mencapai itu semua diperlukan kerja keras oleh pemiliknya untuk selalu memberikan perawatan terbaik secara teratur setiap hari.

cucak hijau

Perawatan terpenting untuk menciptakan cucak ijo mampu berkicau dan mengeluarkan kombinasi kicauan yang bagus dan bervariasi adalah dengan cara memasternya. Butuh ketelatenan dan kesabaran dalam kegiatan pemasteran cucak ijo hingga hasilnya benar-benar bagus dan istimewa, dan tentu butuh waktu dan proses.

Cucak ijo termasuk burung kicau yang karakternya mudah menerima suara kicauan dari burung kicau jenis lainnya yang bervariasi. Tentu ini menjadi salah satu keunggulan dari cucak ijo itu sendiri, sehingga bagi sang pemilik tidak merasa begitu kesusahan dalam menjadikan cucak ijo mampu gacor dengan baik dan bisa menirukan suara masteran.

Tetapi, perlu anda ketahui juga bahwa cucak ijo memiliki sebuah kelemahan, yaitu meskipun cucak ijo termasuk mudah menerima suara burung master, namun bila cucak ijo sudah berganti atau pindah lingkungan ke lingkungan yang baru, maka akan cepat lupa dengan suara masteran, apalagi sudah pindah dengan rentang waktu yang cukup lama. Ini menjadi tugas bagi sang pemilik untuk kembali melatih cucak ijo agar konsisten memiliki variasi dan kombinasi suara yang dimiliki.

Ada beberapa tips dalam pemasteran burung cucak ijo yang patut anda ketahui, berikut kami sajikan poin-poin cara masteran cucak ijo yang baik:
  1. Pertama, pilih lokasi atau lingkungan yang nyaman untuk memaster cucak ijo, sebaiknya lingkungan harus tenang, sepi, tanpa gangguan dari suara apapun. Karena bila ada suara-suara lain, baik suara binatang, manusia, maupun kendaraan, itu semua dapat mengganggu konsentrasi cucak ijo yang sedang dimaster.
  2. Sebaiknya jarak cucak ijo dengan suara masteran adalah 3 hingga 5 lagu dengan volume yang tidak terlalu keras, yang terpenting adalah jelas.
  3. Suara masteran bisa anda pilih sesuai yang anda inginkan, tetapi sebaiknya pilihlah suara yang sesuai dengan karakternya, seperti: suara kacer, anis merah, murai batu, dan lain sebagainya.
  4. Cucak ijo termasuk jenis burung kicau yang mudah menghafal suara masteran pada saat sedang molting.
  5. Pemasteran cucak ijo sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari, dengan waktu sekitar mulai jam 1 siang sampai jam 4 sore, kemudian jam 10 malam sampai jam 6 pagi. Agar lebih maksimal, maka lakukan mastering rutin setiap hari dengan waktu yang sama, karena dengan begitu akan lebih memudahkan cucak ijo dalam menghafal dan cucak ijo menjadi lebih terbiasa.
Mungkin cukup sekian artikel yang dapat kami tulis untuk anda sobat kicau mania cucak ijo, semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu anda dalam menjadikan cucak ijo kesayangan menjadi cucak ijo yang mampu gacor dengan maksimal dan lebih istimewa lagi. Bisa anda baca pula artikel yang telah kami tulis sebelumnya, mengenai burung cucak ijo Kalimantan.