Manfaat Jewawut Untuk Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Biji-bijian merupakan pakan yang pokok untuk burung kicau kenari, dan burung kicau lainnya seperti: pipit, kacer, ciblek, dan lain sebagainya. Kenari sangat menyukai biji-bijian, jadi bagi penangkar kenari, untuk mendapatkan biji-bijian cukup mudah, karena di pasaran burung sudah tersedia banyak jenis biji-bijian, mulai dari biji milet, biji niger, biji haver, dan lain sebagainya.

Apabila anda membeli biji-bijian di pasaran dalam jumlah per kiloan, maka perlu anda perhatikan juga kualitasnya, karena terkadang banyak yang tercampur kotoran seperti kerikil, tanah, dan lain sebagainya. Biji-bijian yang baik bisa ditandai dengan kondisi yang masih hidup dan bisa menjadi kecambah, selain itu juga bila di masukkan dalam air masih bisa tenggelam.

biji jewawut

Biji-bijian sebenarnya mengandung nutrisi yang cukup tinggi dan tentunya sangat bagus buat kesehatan kenari. Biji-bijian bisa dibilang makanan wajib bagi burung kenari dan burung jenis finch lainnya, selain itu juga perlu adanya variasi pakan yaitu pakan EF atau pakan tambahan seperti: jangkrik, kroto, buah-buahan, dan lain sebagainya.

Salah satu jenis biji-bijian yang populer untuk diberikan pada burung kenari adalah jewawut. Jewawut atau yang disebut dengan istilah panicum italia ini masuk dalam kategori biji-bijian yang menjadi pakan favorit bagi kenari. Bentuk jewawut yaitu bulat dan warnanya tidak begitu mengkilat, dan umumnya lebih kecil daripada biji milet.

Di pasaran, biasanya jewawut yang dijual berwarna kuning agak kemerahan, serta ada juga yang berwarna agak kehitaman, dan ketika dibuka biasanya bijinya berwarna putih. Ada juga jewawut impor yang sering dikenal dengan jewawut bangkok, warnanya merah bata dan bentuknya lebih besar dai jewawut lokal. Jewawut lokal juga cukup bagus untuk diberikan pada kenari yang usianya masih muda.

Dulunya, jewawut banyak digunakan sebagai makanan pokok bagi masyarakat di Asia Tenggara dan Asia Timur. Seiring majunya zaman, kini jewawut bukan lagi menjadi makanan pokok bagi masyarakat, melainkan menjadi pakan pokok bagi burung kicau terutama burung kenari.

Jewawut mengandung zat gizi yang cukup tinggi, diantaranya adalah terdapat kandungan protein sebesar 9.8%, dan hidrat arang 75%, selain itu banyak juga kandungan zat kapur. Adapun manfaat zat kapur dalam jewawut diperlukan kenari terutama pada saat bertelur. Pada umumnya jewawut sangat bermanfaat untuk menggemukkan burung kenari yang kurus, dan bagusnya diberikan pada kenari yang sedang dalam proses reproduksi dan bertelur.

Demikianlah informasi seputar pakan biji jewawut untuk kenari, semoga informasi yang kami sajikan di atas dapat berguna bagi sobat kenari mania.

Sebelumnya kami telah mengulas tentang suara kenari dan suara cucak ijo lengkap dengan link downloadnya, silahkan dikunjungi dan dapatkan file audionya.