Berbagai Macam Jenis Burung Pleci Lengkap Dengan Gambar

Advertisement
Advertisement
Jenis pleci ada beragam, dan mari kita ulas satu per satu jenisnya yang paling populer di Indonesia, sebelumnya mari kita simak serba-serbinya. Beragam burung kicau yang menyebar di Indonesia, menjadikan semakin banyaknya kicau mania yang hobi memelihara burung kicau yang disukai, mulai dari kenari, lovebird, murai batu, kacer, pleci, dan lain sebagainya. Kali ini kami akan mengulas tentang jens pleci yang populer di Indonesia, dan mungkin bagis sobat pleci mania yang berpengalaman sudah pada tahu, tetapi bagi sobat pleci mania yang tergolong baru tentu harus tahu jenis-jenis burung pleci.

gambar pleci

Pertama, memang harus memilih salah satu jenis pleci yang disukai ataupun yang dianggap paling bagus sesuai dengan hati anda. Sering berjalannya waktu, karena sudah cukup berpengalaman dalam merawat burung pleci, maka tentu akan semakin penasaran dan tentu akan menambah daftar koleksiburung pleci yang diinginkan. Melihat jenis burung pleci cukup beragam, maka wajar bila pleci mania tertarik untuk memiliki banyak jenis pleci, meskipun haru merogoh kocek yang tak sedikit.

Mengingat harga pleci terbilang bervariasi, ada yang murah dan ada yang mahal, tergantung kualitas dan usianya (lihat: harga pleci). Di pasaran,, banyak sekali pleci yang dijual, dan biasanya juga ada ombyokan pleci yang berisi pleci dengan beragam jenis yang menarik. Hal inilah yang membuat pleci mania terpicu hatinya untuk membeli pleci, tanpa khawatir masalah biaya.

Burung pleci memiliki ciri yang unik pada fisik maupun suaranya, inilah yang membedakan pleci dengan burung kicau lainnya. Dari ciri tersebut, maka dapat dibedakan dan digolongkan pada jenis pleci yang bisa anda simak informasinya berikut.

Berikut beberapa jenis pleci yang terkenal di Indonesia:

1. Pleci mata coklat
pleci mata coklat
Pleci ini biasanya dipanggil dengan sebutan "pleci dakun macok," maksudnya ialah pleci yang berwarna kuning pada bagian dadanya, sedangkan matanya berwarna coklat. Pleci ini memiliki suara yang nyaring kristal, dan paling banyak banyak menyebar luas di pulau jawa.

2. Pleci mata putih
pleci mata putih
Untuk pleci yang ini sebutannya "pleci dakun maput" yang artinya bahwa pleci yang satu ini dadanya berwarna kuning, dan bola matanya berwarna putih. Pleci mata putih ini termasuk jenis pleci yang sudah mulai langka, jadi cukup sulit ditemui. Pleci ini memiliki mental petarung, pemberani, dan banyak yang menjadikannya sebagai pleci andalan dalam kontes. Selain warna dadanya kuning, bagian punggung berwarna hijau. Pleci mata putih memiliki suara yang juga nyaring kristal, dan jenis ini juga banyak ditemui di pulau Jawa (Kudus).

3. Pleci Auriventer
pleci auriventer
Pleci ini dari segi warna berbeda dari kedua jenis pleci di atas, karena bagian dada berwarna ungu, sedangkan bagian punggung berwarna hijau tua. Ciri yang mencolok lainnya yaitu kaca mata lebih tebal, dan suaranya lebih ngebass dan mendayu. Pleci auriventer paling banyak ditemukan di pulau Sumatera.

4. Pleci Montanus
pleci montanus
Pleci montanus tampil lebih berbeda dengan warna abu-abu pada bagian dadanya, dan warna coklat pada punggung maupun pinggiran. Pleci yang satu ini ukuran tubuhnya lebih besar dibanding jenis pleci lainnya, serta suaranya lebih kasar. Pleci montanus juga banyak ditemukan di pulau Jawa.

5. Pleci Black Capped
pleci black capped
Dari namanya sudah dapat diketahui bahwa warna ujung kepala pleci ini adalah berwarna hitam. Bagian dada berwarna abu-abu, dan bagian punggung berwarna kuning agak kehijauan. Dari segi suara, suaranya ngebas dan lirih, serta posturnya yang terlihat lebih ramping. Pleci jenis ini juga banyak ditemukan di pulau Sumatera.

6. Pleci Buxtoni
pleci buxtoni
Pleci ini bagian dadanya berwarna abu-abu kekuningan, dan terdapat garis kuning, serta bagian punggung berwarna kuning kehijauan. Suara yang unik dari pleci ini terdengar nyaring kristal dan lebih melengking. Jika dilihat dari segi fisik/postur, maka terlihat lebih bulat dan berisi. Adapun penyebarannya paling banyak di pulau Jawa dan Sumatera.

7. Pleci Salvadori Enggano
pleci salvadori enggano
Pleci ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu dada berwarna abu-abu gelap, dan terdapat sedikit campuran warna kuning, sedangkan bagian kepala terdapat semburat warna hitam. Pleci Salvadori Enggano memiliki postur dengan ukuran yang besar, tak jauh berbeda dengan ukuran tubuh pleci Montanus. Suaranya juga mirip dnegan suara pleci Auriventer, yaitu ngebass, kencang, dan mendayu. Pleci ini memiliki kaca mata yang tebal, dan jenis ini paling banyak menyebar di pulau Sumatera.

Bagaimana sobat pleci mania? sekarang anda sudah tahu kan jenis pleci yang populer di Indonesia saat ini.

Setelah kami informasikan tentang jenis burung pleci, maka kami akhiri pembahasan kali ini, semoga apa yang kami sajikan buat sobat semua bisa manambah wawasan. Jangan lupa juga untuk mampir membaca artikel seputar pleci yang lainnya, yakni tentang "suara pleci" dan "ternak pleci".