Inilah Jenis Burung Kenari Penyanyi Terbaik

Advertisement
Advertisement
Burung kenari memang terkenal dengan burng kicau yang pandang bernyanyi dan kicauannya terdengar sangat merdu dan suaranya bisa naik turun maupun ngerol. Ada beragam warna pada burung kenari yang cantik dan menarik, dan tentu ini menjadi sebuah pilihan yang membingungkan bagi penghobi burung kicau yang ingin memiliki kenari, karena terlalu banyaknya jenis kenari yang akan dipilih, dan semuanya bagus-bagus (simak: suara kenari).

Bila dilihat dari segi postur, kenari nampak mungil dan sederhana, namun dibalik itu ada banyak kelunggulan yang terdapat pada kenari, baik dari segi suara, warna, dan bahkan untuk postur sendiri ada kenari jenis tertentu yang memang sangat istimewa dari segi postur, diantaranya adalah kenari Yorkshire, kenari Lancashire, kenari Belgia, dan lain sebagainya.

jenis kenari penyanyi

Bila anda bertanya mengenai bagaimana perawatan burung kenari, apakah sulit ataukah mudah? pada umumnya kenari termasuk jenis burung kicau yang mudah dalam hal perawatan, karena dari hal pemberia pakan saja, kenari menyukai banyak jenis pakan, mulai dari pakan yang berupa biji-bijian, sayur-sayuran, buah-buahan, seranggga, dan lain-lain.

Banyak keunggulan yang dimiliki oleh kenari, membuat semakin banyaknya pecinta kenari yang disebut dengan kenari mania. Sudah banyak pula komunitas kenari mania yang khusus perkumpulan para penghobi atau penangkar kenari, baik kenari lokal maupun kenari impor. Yang menarik lainnya adalah setiap even lomba burung kicau biasanya selalu menyertakan kenari sebagai daftar burung kicau lomba. Pada umumnya juga kenari terbagi menjadi beberapa varian, diantaranya adalah varian postur, suara, warna, dan lain sebagainya.

Burung kenari sebenarnya disebut dengan istilah serinus canaria, yang mana pada awalnya kenari ditemukan oleh seorang pelayar dari Perancis di pulau yang bernama canary, tepatnya di negara Spanyol. Kemudian kenari dikembangkan, dan hingga kini kenari semakin populer dan menyebar luas ke seluruh dunia, termasuk juga Indonesia yang peminat burung kenari sangat banyak sekali.

Seperti yang telah kami sebutkan diatas bahwa ada beberapa varian kenari yang populer saat ini, mulai dari varian postur, suara, warna, dan lains ebagainya. Untuk kali ini kami akan menginformasikan kepada anda mengenai kenari dari varian suara atau yang pada umumnya disebut sebagai kenari penyanyi. Kenari apa sajakah yang masuk dalam kategori jenis kenari penyanyi terbaik?

Oleh karena itu, berikut kami bagikan kepada anda informasi seputar jenis burung kenari yang panda dalam bernyanyi, sehingga masuk kategori kenari penyanyi terbaik:

1. Kenari American Singer
kenari american singer
Kenari American Singer merupakan jenis kenari yang memiliki suara yang istimewa, kenari ini merupakan hasil dari persilangan antara kenari Roller dengan kenari Border. Bila kenari Border tampilan fisiknya sangat indah, sedangkan kenari Roller memiliki suara yang merdu dan nyaring, sehingga menghadilkan kenari yang spesial yakni kenari American Singer (download: suara kenari American Singer).

2. Kenari Waterslager
kenari waterslager
Kenari Waterslager sesuai dengan namnya yaitu memiliki suara berkarakter dan khas sekali, yaitu suaranya terdengar seperti gemerisik air, suara bell, dan bahkan suara seruling. Banyak pengangkar kenari yang mengembangkan jenis kenari ini karena memang kenari ini karakter suaranya begitu istimewa, dan apabila tampil berkicau, maka kicauannya sangat memukau. Meskipun banyak juga yang menganggap bahwa kenari ini termasuk jenis kenari yang kurang bersosial serta tidak memperdulikan keindahan tampilan fisik, tetapi keunggulan yang terletak pada suaranya membuat kenari Waterslager diminati banyak orang (download: suara kenari Waterslager).

3. Kenari Spanish Timbrado
kenari spanish timbrado
Kenari Spanish Timbrado berasal dari Spanyol, dan jenis ini dari varian suara yang termasuk juga paling baru, kenari ini awal mula dikembangkan pada tahun 40-an. Uniknya, kenari Spanish Timbrado merupakan hasil dari persilangan antara kenari Rusia dengan kenari liar, sehingga menghasilkan kenari yang memiliki suara super yang menyerupai suara kenari liar. Tujuan dikembangkannya kenari ini memang agar menghasilkan kenari yang menonjol pada karakter suaranya, dan tidak terlalu menghiraukan tampilan fisik (download: suara kenari Spanish Timbrado).

4. Kenari Roller
kenari roller
Kalau kenari Roller awal mulanya berasal dari negara Jerman, tepatnya di pegunungan yang bernama Hart. Karena kenari jenis ini berasal dari Jerman, maka tak sedikit yang memanggilnya dengan sebutan German Roller Canary. Keindahan suara yang dimiliki kenari Roller membuatnya sebagai pilihan kenari penyanyi, dan uniknya terletak pada suaranya yang ngeroll. Kenari Roller juga tetap bisa ngerol, meskipun tanpa harus membuka paruhnya.

5. Kenari Rusia
kenari rusia
Pada mulanya kenari ini dikembangkan oleh penangkar kenari di Tyrol, Jerman, kemudian disebarluaskan hingga ke Rusia. Nah, di Rusia kenari ini menjadi sangat populer, banyak sekali penangkar kenari yang tertarik pada kenari ini berkat suaranya yang bagus. Penangkar kenari Rusia juga tak tinggal diam, banyak dari mereka yang berusaha untuk memaster kenari Rusia agar mampu menirukan suara masteran, bahkan uniknya kenari ini mampu menirukan suara piano dan seruling.

6. Kenari Yorkshire
kenari yokser
Kalau kenari yang satu ini jangan ditanya lagi keistimewaannya, Kenari Yorkshire awal mulanya dari hasil perkawinan antara kenari Lancashire dengan kenari Belgia. Kenari ini dikembangkan di negara Inggris dan tentu hasilnya memang sangat bagus, baik dari segi postur, warna, maupun suara. Postur tubuhnya yang cukup besar dari kenari biasanya, menyerupai bentuk wortel yang terbail. Bulunya yang indah, sorot matanya yang tajam, posisi tubuhnya yang lapang, membuat kenari ini nampak sangat istimewa. Suara kenari Yorkshire bila didengarkan cukup lembut dan merdu, jadi melihat kesempurnaan pada kenari jenis ini, menjadikan harganya menjadi sangat mahal, bahkan bisa dibilang paling mahal dari jenis kenari lainnya (lihat: harga kenari yorkshire).

Demikian sedikit informasi mengenai jenis kenari penyanyi terbaik yang sangat populer di negeri ini, dan perlu anda tahu bahwa jenis kenari di atas sangat banyak sekali peminatnya, selain itu harganya yang bisa dibilang diatas rata-rata. Jadi, mungkin anda termasuk kenari mania yang mulai tertarik untuk ingin memiliki salah satu jenis kenari di atas,atau mungkin ingin mengoleksi semua jenis kenari di atas, maka sebaiknya anda cari tahu mengenai harga kenari tersebut, selain itu juga cari tahu karakter masing-masing dan perawatannya, sehingga nantinya anda bisa dengan mudah memiliki dan merawatnya dengan baik.

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, bahwa kenari termasuk jenis burung kicau yang mudah dalam hal perawatan, karena pakannya juga mudah didapatkan, salah satunya adalah pakan yang berupa biji-bijian. Nah, tepat sekali bahwa sebelumnya kami juga telah menulis artikel tentang manfaat biji milet untuk kenari, dan kita tahu bahwa biji milet termasuk biji-bijian favorit atau yang disukai oleh kenari.