Berbagai Macam Jenis Burung Cucak Ijo Lengkap Dengan Gambar

Advertisement
Advertisement
Burung iji termasuk burung kicau yang memiliki banyak penggemar, dan tidak sulit untuk mengenali burung ini. Ciri khas yang terdapat pada burung ini adalah warna hijau yang sebagian besar menutupi tubuhnya, dan bagian bawah paruhnya berwarna hitam. Warna hijau mudah nampak pada burung cucak ijo, sehingga burung ini terkesan lebih segar dan indah tampilannya.

Pada umumnya, burung cucak ijo menyebar luas di pulau-pula besar di Indonesia, mulai dari pulau Jawa, Kalimantan, Sumatra dan Bali. Cucak ijo habitat aslinya memang di hutan, dan hidupnya secara berkelompok, terkadang juga akan pindah tempat, dari tempat satu ke tempat lainnya.

gambar cucak ijo

Burung cucak ijo memiliki suara yang sangat merdu, dan sangat memukau, inilah yang dapat menarik perhatian dari kalangan kicau mania untuk semakin berminat memiliki cucak hijau. Kelebihan lainnya adalah cucak ijo bisa menirukan suara burung kicau lainnya, terutama bila dilatih dengan sungguh-sungguh, maka akan bisa tampil lebih bagus dalam menirukan kicauan burung master.

Pada dasarnya burung cucak ijo adalah burung liar, namun sudah banyak yang menangkar dan mengembangkan cucak ijo menjadi burung kicau yang pandai, selain karena mudah dijinakkan juga perawatannya terbilang mudah. Biasanya cucak ijo menyukai pakan berupa buah-buahan dan serangga, mulai dari jangkrik, kroto, ulat, dan lain sebagainya.

Suara cucak ijo bila dijadikan sebagai bahan untuk memaster burung kicau memang cukup tepat sekali, mengingat karakter suaranya yang unik dan berbeda dari burung kicau lainnya, selain itu tentu juga merdu dan nyaman didengarkan. Biasanya cucak ijo yang berpengalaman atau sering kali dilombakan, dan sering kali pula juara maka harga cucak ijo seperti ini akan bernilai sangat mahal.  Tentu untuk mennjadikan cucak ijo rajin gacor dan juara, maka diperlukan perawatan yang baik dan pemberian pakan yang berkualitas tentunya, selain itu juga tak lupa untuk memaster cucak ijo secara rutin.

Ada beberapa jenis cucak ijo yang familiar di kalangan kicau mania di Indonesia, bagi anda yang penasaran ingin mengetahuinya, maka bisa anda simak informasi selengkapnya berikut ini.

Macam-macam jenis cucak ijo yang populer di Indonesia:

1. Cucak Ijo Jawa Timur, Jember, Banyuwangi, Dan Sekitarnya
cucak ijo banyuwangi
Pada umumnya, sebagian besar burung cucak ijo yang berasal dari wilayah Jawa Timur, baik Jember maupun Banyuwangi ditandai dengan postur tubuh dan kepala yang agak besar. Cucak ijo Jawa Timur bisa dibilang agak mirip dengan cucak ijo yang berasal dari Kalimantan, dan cukup sulit untuk membedakannya, karena banyak pula cucak ijo Kalimantan yang ciri-cri fisiknya mirip. Saat ini cucak ijo Jawa Timur atau Banyuwangi bisa dibilang sulit ditemukan di hutan, maka dari itu diperkulan kewaspadaan terhadap penjual cuak ijo dengan brand Banyuwangi.

2. Cucak Ijo Kalimantan
cucak ijo kalimantan
Cucak ijo Kalimantan termasuk jenis cucak ijo yang paling mudah dikenali, karena sebagian besar warnanya adalah hijau mudah, dan ketika dewasa biasanya tidak terdapat warna biru pada sekitar wajahnya. Cucak ijo yang satu ini ukuran tubuhnya relatif lebih kecil dari cucak ijo Jawa Timur, selain itu juga bentuk tubuhnya cenderung lebih bulat.

3. Cucak Ijo Sumatra
cucak ijo sumatra
Cucak ijo Sumatra juga mudah sekali dikenali, karena memiliki ciri-ciri yang berbeda, yakni terletak pada sekitar kepala bagian atas yang berwarna kuning, dan warna biru mengilap pada bagian pipinya. Pada umumnya, jenis cucak ijo Sumatra adalah cucak ijo yang ukuran fisiknya lebih kecil dibandingkan dengan jenis cucak ijo Jawa Timur dan Kalimantan. Selain itu juga harganya yang relatif lebih murah yang dijual di pasaran.

4. Cucak Ijo Mini
cucak ijo mini
Kalau untuk jenis cucak ijo yang satu ini sesuai dengan namanya yaitu "mini" maka sudah pasti bahwa ukuran tubuh cucak ijo mini ini yang paling kecil dari jenis cucak ijo yang telah kami sebutkan di atas. Sekilas memang terlihat warna cucak ijo mini hampir sama dengan cucak ijo Kalimantan karena warnanya yang polos, tetapi warna hijau mini agak lebih matang, dan tidak ada warna biru pada wajahnya. Cucak ijo mini terkenal dengan variasi voleum suara yang terkadang keras/lantang dan terkadang pelan, tapi dari segi keindahan hampir semua jenis cucak ijo suaranya terdengar merdu dan indah.

5. Cucak Ijo Rante (Ranti)
cucak ijo rante
Cucak ijo rante ini memiliki 4 warna yang berkombinasi, mulai dari warna hijau, kuning, biru, dan hitam. Cucak ijo yang satu ini ukuran tubuhnya lebih kecil dari cucak ijo mini, jadi bisa dibilang yang paling kecil dari semua jenis cucak ijo yang telah kami sebutkan di atas. Dari segi suara, cucak ijo ranti ini tidak sekeras atau selantang cucak ijo besar.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai jenis-jenis burung cucak ijo yang patut untuk anda ketahui, semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat kicau mania, khususnya penggemar burung cucak ijo.