Berbagai Macam Jenis Burung Cendet (Pentet) Lengkap

Advertisement
Advertisement
Burung cendet juga sering kali disebut dengan sebutan "pentet", sebagian besar yang menyebut pentet adalah kicau mania yang berasal dari Jawa Timur. Cendet merupakan burung mungil yang terkenal dengan kemampuan berkicau yang indah. Cendet termasuk dalam keluarga burung laniidaee, sehingga burung ini termasuk burung kicau yang cerdas, gemar berkicau, dan kicauannya indah sekali.

burung pentet

Burung cendet ada beberapa jenis yang dikenal masyarakat Indonesia, hal ini juga yang membuat cendet memiliki nama sebutan atau istilah yang berbeda-beda disetiap daerah. Salah satunya yaitu di daerah Jawa Timur, cendet Jatim disebut pentet lokal, dengan ciri khas terletak pada warna hitam separuh, baik warna hitam mulai bagian kepala ataupun non hitam di bagian kepala.

Burung cendet adalah tipe burung yang mudah dalam hal perawatan, karena pakan yang mudah didapat serta ketahanan tubuh yang kuat dan mudah beradaptasi dengan lingkungan. Pada umumnya cendet merupakan burung kicau yang cerdas karena mampu menirukan suara burung kicau lainnya.

Burung cendet habitat aslinya di daerah hutan yang berisi banyak pepohonan hijau yang tinggi. Cendet sangat menyukai pakan berupa biji-bijian, serangga, buah-buahan, dan lain sebagainya. Cendet sifatnya bisa dibilang cukup ganas, karena bila kelaparan dan tidak segera diberi makan maka akan banyak gerak, lompat ke sana kemari, dan sangat agresif.

Biasanya burung cendet yang mendengarkan suara cendet lainnya, maka akan merespon dan ikutan berkicau. Maka dari itu, cendet juga termasuk burung kicau petarung. Bila sang pemilik cendet sering memberikan perawatan terbaik serta sentuhan dan interaksi dengan cendet, maka cendet akan mudah sekali jinak.

Burung cendet bila kualitasnya bagus tentu untuk harganya akan sangat mahal, biasanya cendet yan mahal adalah cendet yang sering kali juara di berbagai lomba burung kicau, termasuk juga juara nasional. Harga cendet dewasa juga tentu berbeda dari harga cendet bakalan, begitu juga cendet usianya masih pertengahan maupun yang sudah siap untuk lomba tapi belum pengalaman (lihat: harga cendet).

Jenis cendet ada beberapa macam yang patut anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Cendet Abu-Abu Besar (L Excubitor)
Ciri-ciri cendet abu-abu besar adalah postur tubuhnya yang paling besar dibanding jenis cendet lainnya. Panjang tubuhnya sekitar 25 cm, dan cendet ini paling banyak ditemukan di kawasan Asia, Amerika, dan Eropa Utara.

2. Cendet Abu-Abu Kecil (L Minor)
Jelas kalau cendet abu-abu kecil ukuran tubuhnya lebih kecil dari cendet abu-abu besar, hanya saja penyebarannya paling banyak di Eropa Selatan, Asia Tengah, dan Afrika Timur.

3. Cendet Hitam Putih (L Ludovicianus)
Cendet hitam putih memang warna bulunya sebagian besar hanya warna hitam dan putih saja, dan cendet jenis ini paling banyak ditemukan di kawasan dunia baru Amerika.

4. Cendet Kepala Merah (L Senator)
Ciri khusus cendet yang satu ini terletak pada bagian kepalanya yang berwarna merah, dan cendet ini menyebar luas di kawasan Inggris bagian selatan, Eropa, Afrika, dan Asia.

5. Cendet Coklat 
Cendet coklat ini paling banyak ditemukan di khawasan Asia dan India.

6. Cendet Leher (L Colarris)
Nah, untuk cendet leher iniliah yang paling banyak diikutsertakan dalam even lomba burung kicau di Indonesia.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai jenis burung pentet, semoga dapat menambah informasi buat anda sobat kicau mania.