Berbagai Macam Jenis Burung Anis / Punglor (Anis Merah, Kembang, Dll) Lengkap Dengan Gambar

Advertisement
Advertisement
Jenis burung anis cukup banyak, dan yang paling populer di Indonesia adalah anis merah dan anis kembang. Tahukah anda bahwa penyebaran burung anis di Indonesia cukup meluas, yakni meliputi jawa, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sumatera, bahkan banyak juga sampai di mancanegara seperti India dan China. Di habitat aslinya, anis hidup di daerah hutan maupun wilayah padang belantara, dan kebanyakan burung inilebih menyukai tinggal di dataran tinggi, hampir sama dengan anis kembang.

anis merah

Anis pada umumnya termasuk dalam jenis Punglor yang sangat populer di kalangan kicau mania. Di Indonesia sendiri burung ini termasuk juga sebagai burung primadona yang diminati oleh sebagian besar kicau mania. Karakter suaranya yang merdu mendayu-dayu disertai dengan gaya ocehan saat bernyanyi, hal inilah yang membuat kicau mania tertarik untuk memilikinya.

Tidak hanya itu, pada umumnya anis tampilan fisiknya cukup mumpuni, sehingga terkesan lebih gagah. Harganya juga tak terlalu mahal, sedangkan burung ini penampilannya cukup memukau membuatnya cukup laris di pasaran. Ada beberapa jenis anis yang populer di Indonesia, mulai dari anis kembang, anis siberia, anis kuning, anis sisik, dan anis macan.

Berikut beberapa jenis anis yang bisa anda simak penjelasan beserta gambarnya:

1. Anis Kembang
anis kembang
Anis kembang banyak ditemukan di pulau jawa, mulai dari jawa barat hingga jawa timur, dan banyak pula di pulau bali. Ciri khas pada fisiknya yaitu kepala bagian atas berwarna merah pekat atau merah agak kecoklatan, warna hitam mulai dari bawah paruh hingga dadanya, sayapnya juga berwarna hitam dan ada sesikit campuran warna putih, dan mulai dada terlihat ada campuran warna hitam bintik-bintik dengan putih dan warna putihnya mulai dari perut sampai bawah. Dari segi kepopuleran, anis kembang tak jauh berbeda dengan anis merah, anis kembang peminatnya juga cukup banyak. Suara dasarnya terdengar merdu dan nyaman, jenis ini juga pandai dalam bernyanyi dengan nada yang khas (simak: suara anis kembang).

2. Anis Siberia
anis siberia
Anis Siberia berasal dari daerah yang suhunya lebih dingin, seperti Mongolia, Rusia, dan China. Di Indonesia, burung ini paling banyak ditemukan di pulau Jawa dan Sumatera. Anis siberia terlihat berbeda dari anis kembang, ini lebih misterius tampilannya dengan postur tubuh yang cukup besar. Sebagian besar tubuhnya berwarna ungu, dan ada gharis tebal berwarna putih pada bagian atas kepala. Anis jenis ini terlihat berbeda meski kepopulerannya masih kalah dengan anis kembang.

3. Anis Kuning
anis kuning
Anis kuning daerah penyebarannya banyak di asia, seperti Taiwan, China, Filipina, dan India. Di Indonesia, jenis ini terdapat di pulau Sulawesi. Anis kuning di habitat aslinya snagat menyukai pakan berupa cacing. Tampilan fisiknya cukup menarik, mulai dari bawah paruh - dada - hingga bawah berwarna kuning cerah, sedangkan bagian atas mulai kepala - punggung - hingga ekor berwarna hitam, ada campuran putihnya di atas kepala dan di bagian sayapnya.

4. Anis Sisik
anis sisik
Anis sisik menyebar luas hingga ke wilayah Rusia, Mongolia, Taiwan, China, dan Filipina. Jenis ini juga ada di pulau Sumatera Utara. Burung ini dinamai anis sisik karena memang tubuhnya sebagian besar bermotif sisik dengan warna coklat. Banyak yang menyebutnya sebagai burung jenis anis yang pendiam, karena sulit untuk berkicau, dan perlu perawatan khusus agar anis sisik bisa berkicau dengan lancar.

5. Anis Macan
anis macan
Anis macan ini pertama kali dibawah dari Ampenan, dan penyebarannya cukuip luas di Indonesia, mulai dari pulau Sumbawa, Lombok, Sumba, dan Flores. Anis macan campuran warnanya cukup beragam, mulai dari warna hitam, merah, oranye, coklat, dan putih. Karakter suaranya yang terkenal lembut dan mengalun, sangat nyaman didengarkan, dan cocok sebagai burung rumahan.

6. Anis Merah
anis merah
Nah,  burung yang satu ini adalah jenis anis yang paling populer di Indonesia, peminatnya sangat banyak sekali. Anis merah mampu berkicau dengan suara dan lagu yang istimewa (simak: suara anis merah), hal inilah yang membuatnnya banyak digemari. Bahkan dalam ajang perlombaan, sering kali anis merah masuk dalam daftar. Jenis ini menyebar luas di pulau Jawa, dan Bali. Di manca negara sendiri paling banyak ditemukan di India, Himalaya, Srilanka, dan Myanmar. Anis merah sebagian besar berwarna merah mulai dari bagian kepala hingga bagian bawah, selebihnya berwarna abu-abu, dan ada sedikit warna putih di bagian sayapnya.

Beberapa informasi tentang jenis anis yang paopuler di Indonesia telah anda ketahui sekarang, untuk itu kami akan mengakhiri postingan kali ini. Semoga apa yang kami sajikan tersebut dapat menambah pengetahuan seputar jenis anis bagi sobat semuanya.