Manfaat Haver (Biji Oat) Untuk Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Biji-bijian merupakan pakan yang istimewa buat burung kenari, dan tentu baik untuk dikonsumsi setiap hari. Berbagai macam jenis biji-bijian sudah kami jelaskan pada artikel-artikel sebelumnya, salah satunya tentang manfaat biji sawi untuk kenari. Ya memang sejak dahulu kala, kenari memilih biji-bijian sebagai pakan utama.

Haver atau biji oat yang disebut dengan istilah avena sativa ini sebenarnya sudah banyak dipakai oleh penangkar kenari di luar negeri untuk kenari kesayangannya, dan di Indonesia sendiri kini juga sudah banyak sekali yang memberikan pakan berupa haver untuk kenari yang dipelihara. Meskipun masih banyak pakan biji-bijian lainnya, yang pasti haver termasuk salah satu pakan biji-bijian yang cocok untuk kenari.


Biasanya produk dari bijia oat sudah banyak beredar di minimarket, dan sering kali diiklankan di televisi untuk dikonsumsi manusia dengan cara dipipihkan dan dicampur dengan susu dan coklat. Tanaman oat ini berkembang dengan baik di daerah bermusim subtropis, dan di Indonesia sendiri banyak yang menjadikannya sebagai tepung sebagai bahan dasar adonan kue.

Beberapa manfaat haver untuk burung kenari bisa anda simak informasinya berikut:
  1. Haver kaya akan kandungan karbohidrat, protein, dan kalori yang sangat bagus untuk meningkatkan tenaga kenari agar mampu tampil lebih fit.
  2. Haver juga baik untuk dikonsumsi indukan kenari yang sedang meloloh anakannya, anakan tersebut bisa tumbuh dan berkembang lebih cepat.
  3. Haver dapat berguna memenuhi kebutuhan gizi kenari yang kurus, sehingga membuatnya tubuhnya lebih berisi.
  4. Haver dapat membantu memulihkan kondisi seperti sedia kala setelah sakit.
  5. Haver juga bagus untuk kenari yang sedang dalam masa mabung.
  6. Haver bagus untuk sistem pencernaan, jantung, dan sistem peredaran darah menjadi lebih lancar.
Demikian sekilas informasi seputar haver yang dapat kami sampaikan kali ini, semoga sobat kenari mania dapat memberikan pakan terbaik demi kesehatan kenari agar tetap prima (simak juga: suara kenari).