Manfaat Grit Untuk Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Pada umumnya, burung kicau pemakan biji-bijian sangat membutuhkan grit, khususnya bagi burung kenari. Grit adalah zat butiran mineral yang terbuat dari granit yang sifatnya tidak mudah larut, jadi ketikan dimakan oleh kenari, maka akan tersimpan dalam saluran pencernaan hingga ikut keluar bersama kotoran.

Grit mengandung zat yang bermanfaat untuk kenari, diantaranya adalah zat kalsium karbonat, kalsium fosfat, garam magnesium, dan sodium florida yang berfungsi membantu dalam proses pencernaan burung menjadi lebih baik. Misalnya burung kenari memakan biji-bijian secara utuh tanpa mengelupas kulit seratnya, padahal terkadang enzim dalam lambung tidak mampu mencerna kulit serat yang kesar itu, sehingga inilah tugas grit untuk membantu melunakkan serat-serat tersebut.

grit untuk kenari

Pada umumnya, kenari saat makan biji-bijian yang berkulit, maka kenari itu mengelupas kulitnya terlebih dahulu sebelum menelannya. Jadi, sebenarnya tanpa grit juga tidak masalah, hanya saja terkadang kenari memilih langsung menelan biji-bijian bersama kulitnya, hal ini yang tentunya butuh grit sebagai zat yang penting untuk kenari.

Pemberian grit yang tidak sewajarnya justru malah menjadi masalah tersendiri bagi kenari, maka dari itu sebagai penghobi kenari sebaiknya memilih pakan-pakan yang baik yang sekiranya memudahkan kenari dalam proses pencernaannya, selain itu tentu harus pakan yang baik dan berkualitas yang diberikan pada kenari.

Biasanya burung pemakan biji-bijian tanpa mengelupas kulitnya seperti burung merpati, perkutut, derkuku, dan lain-lain yang justru perlu diberikan grit untuk membantu proses pencernanannya agar lebih lancar.

Kesimpulannya, pemberian grit sebaiknya pada kondisi tertentu saja, semisal kenari sedang mengalami masalah pencernaan. Dan tidak bagus bila kenari mengkonsumsi grit setiap hari, oleh karena itu sang pemilik harus paham benar kondisi di mana kenari itu sedang bermasalah maupun dalam kondisi prima.

Untuk menjaga agar kondisi kenari selalu fit, maka berikan nutrisi yang bagus dan sesuai untuk kenari, khususnya nutrisi yang mengandung zat-zat yang baik, seperti: vitamin, protein, mineral, dan lain-lain. Adapun nutrisi yang bisa anda berikan untuk kenari haruslah alami, karnea itu labih baik dan tanpa efek samping.

Cukup sekian informasi yang dapat kami sampaikan seputar pentingnya grit untuk kenari, semoga informasi di atas dapat menjadi wawasan yang bermanfaat buat anda.

Informasi lainnya yang mungkin berguna bagi sobat kenari mania adalah tentang "suara kenari".